Representasi Kehangatan Keluarga dalam Serial Drama 以家人之名 Yǐ Jiārén Zhī Míng “Go Ahead”.

Febriyanti, Cindy and Nurila Shanti Octavia, S.S., MTCSOL (2023) Representasi Kehangatan Keluarga dalam Serial Drama 以家人之名 Yǐ Jiārén Zhī Míng “Go Ahead”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Serial drama merupakan salah satu jenis karya sastra yang populer di kalangan masyarakat dan berperan sebagai sarana hiburan sekaligus edukasi bagi masyarakat yang menanamkan suatu pesan tertentu melalui dialog atau visualisasi tanda. Tanda adalah kode berupa prinsip yang berlaku di suatu masyarakat dan diadopsi oleh sebuah keluarga untuk menjadi dasar dalam berperilaku yang disebut sebagai nilai kekeluargaan. Meski demikian, seluruh prinsip tersebut akan sulit untuk diterima oleh anak apabila tidak disampaikan secara halus untuk memberikan perasaan aman, nyaman, dan hangat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kehangatan keluarga yang direpresentasikan dalam serial drama 以家人之名 Yǐ Jiārén Zhī Míng “Go Ahead”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menemukan adanya 35 data berupa pengamalan nilai-nilai kekeluargaan berdasarkan prinsip Mellisa Catalina Trisnadi yang seluruhnya dimaknai dengan menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil analisis menunjukkan bahwa untuk trikotomi pertama terdapat 13 data qualisign, 21 data sinsign, dan 1 data legisign. Untuk trikotomi kedua, didapati sejumlah 33 data simbol dan 2 data indeks, sedangkan untuk trikotomi ketiga terdapat 3 data rheme, 21 data dicisign, dan 11 data argument.

Other obstract

电视剧是为公众娱乐与教育手段从对话或符号视觉传达某个信息的文学作品之一。符号是当地文化的结果,为行为基础叫家庭价值观被家庭用的。然而,传达时不精妙地以提供安全、舒适和温情感,孩子们将很难接受所有的这些价值。本研究的目的是描写电视剧《以家人之名》中家庭温情的代表。本研究使用的方法是描述性定性分析法。本研究的结果是发现了35个以 根据 Mellisa Catalina Trisnadi 原理的家庭价值观实践形式存在数据,所有的数据使用查尔斯·桑德斯·皮尔士的符号学理论进行解释。分析结果是发现了对于第1三分法有13个质符、21个单符,以及1个型符数据。对于第2三分法有33个规约与2个指示数据,而第3三分法有3个呈符、21个申符,以及11个论符数据。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: kehangatan, keluarga, representasi, serial drama
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: maria
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:31
Last Modified: 10 Jan 2024 08:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207629
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Cindy Febriyanti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item