Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Berbasis E-Commerce Pasca Pandemi (Studi Di Mlijoku Kota Malang).

Dian Syafitra., Aldi and Dr. Rita Parmawati,, SP., ME and Jedda Ayu Inggrida,, SP., M.Si (2023) Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Berbasis E-Commerce Pasca Pandemi (Studi Di Mlijoku Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

RINGKASAN Aldi Dian Syafitra. 195040100113025. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Berbasis E-Commerce Pasca Pandemi (Studi Di Mlijoku Kota Malang). Dibawah bimbingan Dr. Rita Parmawati, SP., ME sebagai pembimbing utama dan Jedda Ayu Inggrida, SP., M.Si sebagai pembimbing pendamping. Pandemi COVID-19 yang memanas pada tahun 2020-2021 mendorong Pemerintah Indonesia untuk menerapkan kebijakan pembatasan sosial (PSBB). Hal tersebut secara tidak langsung mengubah perilaku masyarakat Indonesia dari aktivitas offline menjadi online, termasuk dalam berbelanja barang. Data menunjukkan peningkatan penjualan komoditas sayuran secara online sebesar 1.900%, dari 20.000 penjualan menjadi 400.000 penjualan, yang juga menarik minat berbagai startup Agritech seperti HappyFresh, Tanihub, Sayurbox, dan Mlijoku. Namun, seiring meredanya pandemi COVID-19, perilaku masyarakat Indonesia kembali kepada kegiatan offline. Berdasarkan survei Inventure - Alvara, selama fase pemulihan pandemi, 89% responden lebih memilih berbelanja bahan makanan segar secara offline. Kondisi ini berdampak langsung pada penjualan Mlijoku, sehingga penelitian akademik tentang perilaku konsumen Mlijoku perlu dilakukan. Penelitian dilakukan terhadap konsumen Mlijoku Indonesia dengan cara menyebar kuesioner online melalui platform Google Form dalam kurun waktu satu bulan yakni dari bulan Januari hingga Februari 2023. Metode penentuan sampel dilakukan menggunakan metode Rules of Thumb dengan kebutuhan jumlah responden sebanyak 85 orang. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis dilakukan menggunakan analisis regresi berganda, koefisien determinasi, Uji Simultan F, serta Uji parsial T dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Analisis regresi berganda bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Budaya, Sosial, Pribadi, serta Psikologi terhadap variabel Keputusan Pembelian sedangkan analisis koefisien determinasi ditujukan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan model dalam menerangkan variasi variabel dependen. Uji F ditujukan guna mengetahui adanya pengaruh variabel independent secara keseluruhan/simultan sedangkan Uji T digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel tersebut terhadap Keputusan Pembelian secara parsial. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan total responden yang didapat adalah sebanyak 85 responden, Variabel Budaya, Sosial, serta Pribadi berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian didasarkan pada analisis regresi sedangkan variabel Psikologi berpengaruh negatif. Berdasarkan analsisi koefisien determinasi, didapati hasil bahwa variabel terhitung mampu menjelaskan variasi variabel Keputusan Pembelian sebesar 89,9%. Selanjutnya pada Uji F simultan didapatkan bahwa seluruh variabel berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan nilai p-value (0,000) < 0,05 dan F hitung sebesar 178,316 > F tabel sebesar 2,48. Namun pada Uji T didapati hasil bahwa Variabel Psikologi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian sebab p-value (0,108) > 0,05, sedangkan variabel teruji lainnya yakni Budaya, Sosial, dan Psikologi dengan nilai p-value secara berturut-turut (0,000), (0,001), (0,000) < 0,05 dan nilai t hitung secara berturut-turut (8,493), (3,531), (7,047) > t tabel (1,989) sehingga dapat disimpulkan berpengaruh signifikan terhadap i Keputusan Pembelian. Saran yang diberikan kepada mlijoku untuk mempertahankan strategi perusahaan hubungannya dengan aspek kebudayaan, aspek sosial, serta aspek pribadi karena dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen serta dapat melakukan pengembangan layanan dalam pengantaran secara tepat waktu dan memberikan respon yang baik dari customer service apabila terdapat keluhan dari customer lalu integrasikan website dengan payment gateaway selain dapat memudahkan customer juga dapat memberikan keamanan privasi karena pembayaran tidak perlu melalui whatsapp kembali sehingga dapat memperbaiki variabel psikologis dan untuk penelitian lebih lanjut dapat dilakukan penelitian variabel psikologi hubungannya dengan keputusan pembelian pada startup sayuran lainnya yang bergerak senada dengan Mlijoku Indonesia guna memperkaya wawasan mengenai hubungan antar variabel.

English Abstract

SUMMARY Aldi Dian Syafitra. 195040100113025. The Effect of Consumer Behaviors on E-Commerce-Based Vegetable Purchase Decisions in Post Pandemic Era Supervised by Dr. Rita Parmawati, SP., ME as the main supervisor and Jedda Ayu Inggrida, SP., M.Si as the second supervisor. The COVID-19 pandemic that occurred in 2020-2021 prompted the Government of Indonesia to implement a social restriction policy (PSBB). This has indirectly changed the behavior of the Indonesian people from offline to online activities, including shopping for goods. Data shows an increase in sales of vegetable commodities online by 1,900%, from 20,000 sales to 400,000 sales, which also attracted the interest of various Agritech startups such as HappyFresh, Tanihub, Sayurbox, and Mlijoku. However, as the COVID-19 pandemic subsided, Indonesian people's behavior returned to offline activities. Based on the Inventure - Alvara survey, during the pandemic recovery phase, 89% of respondents prefer to shop for fresh groceries offline. This condition has a direct impact on sales of Mlijoku, so it is necessary to conduct research on consumer behavior in Mlijoku. The research was conducted on Indonesian Mlijoku consumers by distributing online questionnaires through the Google Form platform within a period of one month, from January to February 2023. The sampling method was carried out using the Rules of Thumb method with a total of 50 respondents. The research was conducted using a quantitative approach with multiple regression analysis methods, coefficient of determination, Simultaneous F Test, and partial T test using SPSS software. Multiple regression analysis aims to determine the effect of Cultural, Social, Personal, and Psychological variables on Purchase Decision variables while the analysis of the coefficient of determination is intended to determine how far the model's ability to explain variations in the dependent variable. The F test is intended to determine the effect of the independent variables as a whole/simultaneously, while the T test is used to determine the effect of the independent variables on the purchasing decision partially. The results of the analysis show that the total number of respondents obtained is 85 respondents. Cultural, social, and personal variables have a positive effect on the purchasing decision variable based on the regression analysis, while the psychological variable has a negative effect. Based on the analysis of the coefficient of determination, it was found that the calculated variable was able to explain the variation in the purchase decision variable by 89.9%. Furthermore, in the simultaneous F test it was found that all variables had a significant effect on the Purchase Decision variable with a p-value (0.000) <0.05 and F count of 178.316 > F table of 2.48. However, in the T-test it was found that the Psychological Variable had no significant effect on the Purchase Decision variable because the p-value (0.108) > 0.05, while the other tested variables namely Cultural, Social, and Psychological with p-values respectively (0.000 ). Advice given to mlijoku to maintain the company's strategy related to cultural aspects, social aspects, and personal aspects because it can improve consumer purchasing decisions and can develop services in timely delivery and provide good responses from customer service if there are complaints from customers then In addition to integrating the website with the payment gateway, besides being able to make it easier for customers, it can also provide privacy security because payments don't need to go through WhatsApp again so that it can improve psychological variables and for iii further research, research on psychological variables related to purchasing decisions at other vegetable startups that are in line with Mlijoku Indonesia can be carried out. in order to enrich insight into the relationship between variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:06
Last Modified: 10 Jan 2024 06:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207392
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rivana Nadia Azzahra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item