Pengaruh E-WOM (Electronic Word of Mouth) terhadap Kepuasan Pengunjung dan di mediasi oleh Keputusan Berkunjung di Agrowisata Lumbung Stroberi Pandanrejo, Kota Batu.

Zahran Nurirrozak, Muhamad and Dr. Silvana Maulidah,, SP., MP., and Novi Haryati,, SP., MP.. (2023) Pengaruh E-WOM (Electronic Word of Mouth) terhadap Kepuasan Pengunjung dan di mediasi oleh Keputusan Berkunjung di Agrowisata Lumbung Stroberi Pandanrejo, Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri pariwisata memberikan kontribusi yang signifikan terhadap penciptaan lapangan kerja, peningkatan pendapatan nasional, serta pengembangan infrastruktur dan sektor pendukung lainnya. Hal tersebut dipengaruhi karena adanya kebutuhan dari masyarakat untuk berwisata. Perilaku wisatawan saat ini mengalami perubahan menjadi memiliki ketertarikan untuk berkunjung ke wisata berbasis pertanian. Unit usaha Lumbung Stroberi Pandanrejo merupakan agrowisata yang memberikan jasa berupa wisata petik buah stroberi yang bertempatan di di desa Pandanrejo, Kota Batu. Dengan komunikasi pemasaran, manajemen agrowisata bisa menyampaikan berbagai macam informasi terkait wisatanya guna menarik minat calon wisatawan untuk berkunjung. Hadirnya EWOM (Electronic Word of Mouth) bisa membantu pengembangan agrowisata, karena komentar ajakan dan positif terhadap tempat wisata dapat mempengaruhi keputusan bagi calon wisatawan yang ingin berkunjung. Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk E-WOM pada agrowisata Lumbung Stroberi Pandanrejo dan menganalisis pengaruh E-WOM terhadap kepuasan pengunjung dan dimediasi oleh keputusan berkunjung di agrowisata Lumbung Stroberi Pandanrejo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022 - Januari 2023 di agrowisata Lumbung Stroberi Pandanrejo yang ditentukan secara purposive dengan pertimbangan yaitu wisata di Kota Batu merupakan wisata yang diminati oleh banyak wisatawan dan Kota Batu sendiri memiliki destinasi-destinasi wisata yang berbentuk agrowisata. Sampel yang digunakan sebanyak 119 responden yang ditentukan oleh pendekatan Cohen terkait jumlah sampel yang digunakan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan non-probability sampling menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dianalisis menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Adapun bantuan software yang digunakan adalah WarpPLS 7.0 dalam menganalisis data penelitian yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk electronic word of mouth yang terdapat pada sosial media Instagram @lumbungstroberi sangat beragam. Bentukbentuk E-WOM positif memiliki dampak yang baik bagi pengembangan agrowisata Lumbung Stroberi Pandanrejo. Adanya instagram juga merupakan inovasi yang baik, karena dapat menjadi wadah untuk berinteraksi antar sesama wisatawan atau dengan pengelola tempat wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth yang terdiri dari intensity, valence of opinion, dan content memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung dan kepuasan pengunjung. Keputusan berkunjung juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Begitu juga electronic word of mouth memiliki pengaruh yang positif dan signfikan terhadap kepuasan pengunjung yang sudah dimediasi oleh keputusan berkunjung. Adapun saran pada penelitian ini berupa bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan mempertimbangkan variabel lain seperti dimensi lain dari electronic word of mouth. Sedangkan bagi pemilik usaha dapat dapat mempertahankan atau meningkatkan strategi pemasaran dengan electronic word of mouth. Hal ini dikarenakan variabel tersebut mempunyai pengaruh positif dan signifikan dalam mempengaruhi keputusan berkunjung dan kepuasan pengunjung. Pada social media Instagram khususnya milik agrowisata Lumbung Stroberi Pandanrejo (@lumbungstroberi) dapat memberikan informasi lebih gencar lagi terkait wisata yang ditawarkan dapat berupa stories/feed post/reels yang berisi story telling dan dikemas dengan menarik secara konsisten.

English Abstract

The tourism industry makes a significant contribution to job creation, increasing national income, and developing infrastructure and other supporting sectors. This is influenced by the need of the community to travel. The behavior of tourists is currently changing to have an interest in visiting agriculture-based tourism. The Lumbung Stroberi Pandanrejo business unit is an agritourism that provides services in the form of strawberry picking tours located in Pandanrejo village, Batu City. With marketing communication, agritourism management can convey various kinds of information related to its tours to attract potential tourists to visit. The presence of E-WOM (Electronic Word of Mouth) can help the development of agritourism, because invitation and positive comments on tourist attractions can influence decisions for potential tourists who want to visit. The purpose of this study is to describe the form of E-WOM in Lumbung Stroberi Pandanrejo agritourism and analyze the effect of E-WOM on visitor satisfaction and mediated by visiting decisions at Lumbung Stroberi Pandanrejo agritourism. This research was conducted in November 2022 - January 2023 at Lumbung Stroberi Pandanrejo agrotourism which was determined purposively with the consideration that tourism in Batu City is a tour that is in demand by many tourists and Batu City itself has tourist destinations in the form of agro-tourism. The sample used was 119 respondents determined by Cohen's approach regarding the number of samples used. The sampling technique used in this study used a non-probability sampling approach using purposive sampling method. The data collection technique used was a questionnaire and analyzed using the Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) analysis tool. The software assistance used is WarpPLS 7.0 in analyzing the research data that has been collected. The results showed that the forms of electronic word of mouth found on Instagram social media @lumbungstroberi are very diverse. Positive forms of EWOM have a good impact on the development of Lumbung Stroberi Pandanrejo agrotourism. The existence of Instagram is also a good innovation, because it can be a place to interact between fellow tourists or with the manager of tourist attractions. The results showed that electronic word of mouth variables consisting of intensity, valence of opinion, and content have a positive and significant influence on visiting decisions and visitor satisfaction. Visiting decisions also have a positive and significant influence on visitor satisfaction. Likewise, electronic word of mouth has a positive and significant influence on visitor satisfaction which has been mediated by visiting decisions. The suggestions in this study are for further researchers to develop this research by considering other variables such as other dimensions of electronic word of mouth. Meanwhile, business owners can maintain or improve marketing strategies with electronic word of mouth. This is because this variable has a positive and significant influence in influencing visiting decisions and visitor satisfaction. On Instagram social media, especially belonging to Lumbung Stroberi Pandanrejo agrotourism (@lumbungstroberi), it can provide more information about the tours offered in the form of stories/feed posts/reels that contain story-telling and are packaged in an attractive manner consistently.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Agrowisata, Keputusan Berkunjung, Kepuasan Pengunjung
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username ismiatun
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:56
Last Modified: 10 Jan 2024 04:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207366
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhamad Zahran Nurirrozak.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item