Pengaruh Pemasaran Digital terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa di Kota Malang yang Menjadi Konsumen Produk Somethinc di Tiktok)

Kramaniti, Duhita Puspa and Saiful Rahman Yuniarto, S. Sos. MAB (2023) Pengaruh Pemasaran Digital terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa di Kota Malang yang Menjadi Konsumen Produk Somethinc di Tiktok). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan adanya perbedaan penelitian dari penelitian-penelitian sebelumnya, yang menyatakan bahwa pengaruh pemasaran digital terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini meneliti pengaruh pemasaran digital terhadap keputusan pembelian pada konsumen somethinc yang pernah membeli lewat e-commerce TiktokShop. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research (penelitian penjelasan) melalui pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 99 responden yang mana merupakan mahasiswa aktif di Kota Malang, berusia 18-26 tahun, pernah membeli produk Somethinc melalui marketplace TiktokShop. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan software SPSS for windows dan metode pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemasaran Digital (X) secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan kesimpulan di atas, dapat dikemukakan beberapa saran yang diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan maupun bagi pihak-pihak lain seperti Perusahaan harus memperhatikan Pemasaran Digital yang dilakukannya, karna dalam Menyusun strategi pemasaran maka akan mempengaruhikeputusan pembelian sehingga nantinya akan menaikkan atau meningkatkan volume penjualan. Menurut penelitian diatas maka pemasaran digital sangat berpengaruh, sehingga perlu diperhatikan agar konsumen nyaman sehingga mempunyai pengalaman yang positif terhadap produk produk yang ditawarkan tersebut. Penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan variabel-variabel yang lain yang belum diteliti dalam penelitian ini. Selain itu, penelitian selanjutnya dapat dilakukan pada sektor yang lain di luar industri Beauty & Cosmetics dan menggunakan responden dari kelompok demografi yang berbeda.

English Abstract

This study aims to explain the differences in research from previous studies, which state that digital marketing influences purchase decisions. This research examines the effect of digital marketing on purchase decisions for some thinking consumers who have purchased through the TiktokShop e-commerce. This research uses a type of explanatory research (explanatory research) through a quantitative approach. The number of samples used in this study were 99 respondents who were active students in Malang City, aged 18-26 years, who had bought Somethinc products through the TiktokShop marketplace. The data analysis method in this study used SPSS for windows software and the sample collection method used purposive sampling method. The results of this study indicate that Digital Marketing (X) has a direct positive and significant effect on Purchase Decisions (Y). Based on the conclusions above, several suggestions can be put forward that are expected to be useful for the company as well as for other parties such as companies that must pay attention to the Digital Marketing that they do, because in compiling a marketing strategy it will influence purchase decisions so that later it will increase or improve sales volume. According to the research above, digital marketing is very influential, so it is necessary to pay attention so that consumers are comfortable so that they have a positive experience with the products offered. Future research can consider other variables that have not been studied in this study. In addition, further research can be conducted in other sectors outside the Beauty & Cosmetics industry and using respondents from different demographic groups.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030522
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Digital, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:26
Last Modified: 11 Jan 2024 04:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207363
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Duhita Puspa Kramaniti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item