Persepsi Mahasiswa EFL terhadap TBLT.

Yada, Artha Aviera and Dr. Ive Emaliana, S.Pd., M.Pd (2023) Persepsi Mahasiswa EFL terhadap TBLT. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menyelidiki persepsi mahasiswa terhadap EFL mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Brawijaya. Penelitian ini lebih fokus pada tugas-tugas yang disukai siswa, motivasi setelah mengikuti Seminar ELT, dan tanggapan terhadap tugas membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan yang menerapkan pendekatan TBLT. Penulis ingin mengetahui pendapat mahasiswa yang menggunakan pendekatan TBLT dalam pengajaran bahasa. Adapun masalah dari penelitian ini yakni bagaimana persepsi mahasiswa EFL terhadap implementasi TBLT dalam Seminar ELT. Penelitian ini menggunakan metode survey yang melibatkan 110 mahasiswa S1 Seminar pada kelas ELT tahun 2018-2019 program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Brawijaya. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dibagikan melalui Google Form. Kuesioner terdiri dari tiga dimensi yaitu, tugas yang disukai siswa, motivasi setelah mengikuti Seminar di kelas ELT, dan tanggapan terhadap kemampuan bahasa Inggris untuk mengukur persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa EFL terhadap tugas yang disukai, motivasi setelah mengikuti Seminar ELT, dan tanggapan terhadap tugas membaca, menulis, berbicara, dan menyimak. Mahasiswa lebih memilih tugas yang mengasah keterampilan pasif seperti mendengarkan dan membaca yang tidak meningkatkan keterampilan komunikatif siswa. Juga, pandangan sangat positif ditemukan pada motivasi siswa setelah mengikuti Seminar di kelas ELT dan tanggapan yang positif terhadap tugas membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Berdasarkan hasil temuan, penerapan TBLT secara signifikan mempengaruhi motivasi siswa dan tanggapan mereka terhadap empat keterampilan bahasa setelah menyelesaikan siklus tugas. Akhirnya, saran untuk guru EFL untuk menghadapi pendekatan pembelajaran baru dan meningkatkan keterampilan bahasa mereka.

English Abstract

This research investigates the students’ perception of EFL undergraduates in study program of English Education at Universitas Brawijaya. It was focused on tasks preferred by the students, motivation after joining Seminar on ELT, and responses to reading, writing, speaking, and listening tasks that implemented TBLT approach. The writer wanted to know the students’ opinions on using TBLT approach in language teaching. There is the problem of the study: what is the EFL undergraduates’ perception towards the implementation of TBLT in Seminar on ELT. The research used a survey method that involved 110 undergraduate students at Seminar on ELT class from 2018-2019 of study program of English Education in Universitas Brawijaya. The data were collected through a questionnaire and shared through Google Form. The questionnaire consists of three dimensions namely, tasks preferred by students, motivation after joining a Seminar on ELT class, and response to English language skills to measure students’ perception. The research results show EFL undergraduates’ perception on preferred tasks, motivation after joining Seminar on ELT, and responses to reading, writing, speaking, and listening tasks. Undergraduates prefer passive language skills such as listening and reading which do not stimulate students’ communicative skills. Also, a highly positive view was found on students’ motivation after joining the Seminar on ELT class and positive responses to reading, writing, speaking, and listening tasks. Based on the findings, the implementation of TBLT has significantly impacted students’ motivation and their responses to four language skills after finished the cycle of the tasks. Finally, the suggestions for EFL teachers to deal with a new learning approach and improve their language skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: maria
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:18
Last Modified: 10 Jan 2024 04:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207310
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Artha Aviera Yada.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item