Pengaruh Negara Asal dan Asosiasi Merek terhadap Niat Beli Ulang (Survei pada Konsumen Skin Care COSRX pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)”,

Salsabilla, Dita Zahra and Prof. Drs. Achmad Fauzi DH, MA. (2023) Pengaruh Negara Asal dan Asosiasi Merek terhadap Niat Beli Ulang (Survei pada Konsumen Skin Care COSRX pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)”,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara enam variabel independen dari Negara Asal dan Asosiasi Merek yaitu Keyakinan terhadap Negara (X₁), Tanggapan Afektif (X₂), Keinginan Berinteraksi (X₃), Kekuatan Merek (X₁), Keunggulan Merek (X₂), Keunikan Merek (X₃) terhadap variabel dependen Niat Beli Ulang (Y). Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan skala Likert 1-5. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 116 orang responden yaitu Mahasiswa S1 di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya konsumen skin care COSRX yang pernah melakukan pembelian minimal 2 kali dalam 1 tahun terakhir, berusia minimal 18 tahun. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online dan offline dalam bentuk Google Form. Uji instrumen yang digunakan adalah Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Penelitian ini menggunakan Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji F, dan Uji t. Hasil dari Uji F menunjukkan bahwa variabel independen Keyakinan terhadap Negara (X₁), Tanggapan Afektif (X₂), Keinginan Berinteraksi (X₃), Kekuatan Merek (X₁), Keunggulan Merek (X₂), Keunikan Merek (X₃) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap variabel dependen Niat Beli Ulang (Y) dengan Fhitung sebesar 35,945 sedangkan Ftabel sebesar 2,18 (Fhitung > Ftabel) dan signifikansi F sebesar 0,000 < α (0,05). Hasil dari Uji t menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap variabel dependen. Uji t Keyakinan terhadap Negara (X₁) terhadap Niat Beli Ulang (Y) memiliki nilai thitung 3,300 > ttabel 1,982. Uji t Variabel Tanggapan Afektif (X₂) terhadap Niat Beli Ulang (Y) memiliki nilai thitung 3,260 > ttabel 1,982. Uji t Keinginan Berinteraksi (X₃) terhadap Niat Beli Ulang (Y) memiliki nilai thitung 3,545 > ttabel 1,982. Uji t Kekuatan Merek (X₄) terhadap Niat Beli Ulang (Y) memiliki nilai thitung 3,991 > ttabel 1,982. Uji t Keunggulan Merek (X₅) terhadap Niat Beli Ulang (Y) memiliki nilai thitung 4,091 > ttabel 1,982. Uji t Keunikan Merek (X₆) terhadap Niat Beli Ulang (Y) memiliki nilai thitung 6,424 > ttabel 1,982.

English Abstract

This research aims to determine the relationship between the six independent variables from Country of Origin and Brand Association namely Country Beliefs (X₁), People Affect (X₂), Desired Interaction (X₃), Strength of Brand (X₁), Favorability of Brand (X₂), and Uniqueness of Brand (X₃) to the dependent variable Repurchase Intention (Y). This type of research is explanatory research with a quantitative approach conducted at the Faculty of Administrative Sciences, Universitas Brawijaya. This research was measured using a Likert scale of 1-5. The sampling technique in this research used nonprobability sampling. The number of samples used in this research amounted to 116 respondents. Characteristics of respondents is undergraduate students at the Faculty of Administrative Sciences, Brawijaya University, COSRX skin care’s consumers who had purchased at least 2 times in the last 1 year, with a minimum age of 18 years. The types of data in this study is primary data and secondary data. The data collection method was carried out by distributing online and offline questionnaires with Google Form. This research instruments uses Validity Test and Reliability Test. This study uses Descriptive Analysis, Multiple Linear Regression Analysis, F Test, and t Test. The results of the F Test show that the independent variables Country Beliefs (X₁), People Affect (X₂), Desired Interaction (X₃), Strength of Brand (X₁), Favorability of Brand (X₂), Uniqueness of Brand (X₃) have a simultaneous and significant effect on the dependent variable Repurchase Intention (Y) with Fcount of 35.945 while Ftable is 2.18 (Fcount > Ftable) and the significance of F is 0.000 < α (0.05). The results of the t test show that the independent variable has a partial and significant effect on the dependent variable. The t test of Country Beliefs (X₁) on Repurchase Intention (Y) has a value of tcount 3.300 > ttable 1.982. The t test of the People Affect (X₂) on Repurchase Intention (Y) has a value of tcount of 3.260 > ttable 1.982. The t test of Desired Interaction (X₃) on Repurchase Intention (Y) has a value of tcount 3.545 > ttable 1.982. The t test of Strength of Brand (X₄) on Repurchase Intention (Y) has a value of tcount 3.991 > ttable 1.982. The t test of Favorability of Brand (X₅) on Repurchase Intention (Y) has a value of tcount 4.091 > ttable of 1.982. The t test of Uniqueness of Brand (X₆) on Repurchase Intention (Y) has a value of tcount 6.424 > ttable 1.982.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030520
Uncontrolled Keywords: Negara Asal, Asosiasi Merek, dan Niat Beli Ulang
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:25
Last Modified: 11 Jan 2024 04:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207306
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
DITA ZAHRA SALSABILLA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item