Pengaruh Penghindaran Pajak, Struktur Kepemilikan, Jenis Industri pada Pengungkapan ESG (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2021)

Wibisono, Muhammad Ezra and Dr. Arum Prastiwi,, M.Si., Ak. (2023) Pengaruh Penghindaran Pajak, Struktur Kepemilikan, Jenis Industri pada Pengungkapan ESG (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2021). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris dan menginvestigasi pengaruh penghindaran pajak, struktur kepemilikan, dan jenis industri terhadap pengungkapan environmental, social, dan governance (ESG) pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode dokumentasi melalui data sekunder dari annual report perusahaan yang telah dipublikasi pada website resmi Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Data observasi yang diolah dalam penelitian ini sebanyak 186 observasi dan diuji menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini mendukung hipotesis pada variabel penghindaran pajak, pada penelitian ini menemukan bukti bahwa ketika perusahaan melakukan penghindaran pajak, maka perusahaan akan melakukan pengungkapan ESG yang lebih baik untuk menimbulkan perspektif positif dari stakeholders. Pada variabel jenis industri mendukung hipotesis dikarenakan pada penelitian ini menemukan bukti bahwa perusahaan yang masuk dalam kategori profil tinggi akan melakukan lebih banyak tanggung jawab sosial dibanding perusahaan yang masuk dalam kategori profil rendah yang menyebabkan pengungkapan ESG yang didapat perusahaan profil tinggi akan lebih baik daripada perusahaan profil rendah. Namun, pada variabel struktur kepemilikan yang diproksikan oleh kepemilikan institusional dan kepemilikan asing tidak terbukti untuk menaikkan pengungkapan ESG. Hal tersebut terjadi dikarenakan sampel yang diteliti memiliki proporsi kepemilikan institusional tinggi yang akan mengakibatkan konflik keagenan serta proporsi kepemilikan asing memiliki rata-rata yang rendah sehingga tidak mampu mendorong manajemen perusahaan untuk melakukan kegiatan sosial.

English Abstract

This study aims to obtain the empirical evidence and investigate the effect of tax avoidance, ownership structure, and industry types on the environmental, social, and governance (ESG) disclosures of companies listed on the Indonesia Stock Exchange between 2016 and 2021. This study employs quantitative approach involving secondary data of the companies’ annual report published on the official website of the Indonesia Stock Exchange collected through documentation. The samples selected through purposive sampling method include 186 observational data analyzed by multiple linear regression. The results of this study prove that tax avoidance allows companies to make better ESG disclosures to generate positive perspectives from stakeholders. Industry type supports the hypothesis as high profile companies conduct more social responsibility than those of low profile category, making ESG disclosures by high profile companies better than those of low profile category. However, the ownership structure—represented by institutional ownership and foreign ownership—does not prove to increase ESG disclosure as the observed samples have a high proportion of institutional ownership that results in agency conflicts, and low proportion of foreign ownership that is unable to encourage company management to conduct social activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020600
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan ESG, Penghindaran pajak, Struktur Kepemilikan, dan Jenis Industri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:32
Last Modified: 10 Jan 2024 03:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207184
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Ezra Wibisono.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item