Strategi Pengembangan Bisnis Coffeeshop (Studi di Lunacia Café Kelurahan Campurejo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Rafly, Mochamad and Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA. and Jedda Ayu Inggrida,, SP., M.Si. (2023) Strategi Pengembangan Bisnis Coffeeshop (Studi di Lunacia Café Kelurahan Campurejo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingkat konsumsi kopi di Indonesia yang terus meningkat dilihat sebagai peluang oleh para pelaku usaha. Besarnya peluang tersebut membuat meningkatnya bisnis di industri hilir kopi khususnya kedai kopi atau coffeeshop. Lunacia Cafe merupakan salah satu bisnis yang bergerak di bidang tersebut. Akan tetapi, tingginya persaingan pada industri tersebut membuat Lunacia Cafe mengalami pengembangan yang kurang maksimal. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui strategi seperti apa yang cocok untuk diterapkan oleh Lunacia Cafe untuk mengembangkan bisnisnya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2023, dengan tujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang dimiliki Lunacia Cafe dan menyusun strategi pengembangan dari faktor tersebut. Responden pada penelitian sebanyak 100 orang yang ditentukan melalui total sampling dan dianalisis menggunakan matriks IFE, EFE,, IE, SWOT dan QSPM. Berdasarkan analisis data pada penelitian, didapatkan hasil bahwa pada faktor internal yang menjadi kekuatan utama dari Lunacia Cafe adalah memiliki lokasi yang strategis, sedangkan yang menjadi kelemahan utamanya adalah kurangnya kualitas produk. Pada faktor eksternal yang menjadi peluang utama dari Lunacia Cafe adalah memiliki banyak pelaggan potensial karena masyarakat Indonesia gemar mengopi atau nongkrong, sedangkan untuk ancamannya adalah keadaan cuaca yang tidak mendukung. Berdasarkan faktor internal dan eksternal tersebut didapatkan nilai skor IFE dan EFE sebesar 3,341 dan 3,48. Hasil skor IFE dan EFE tersebut menuntun posisi Lunacia Cafe pada sel I di analisis matriks IE yang menunjukan bahwa Lunacia Cafe berada pada posisi tumbuh dan bina (grow and build). Adapun 5 strategi alternatif yang dapat dirumuskan dari hasil analisis matriks IFE dan matriks EFE. Berdasarkan hasil perumusan strategi menjelaskan strategi pengembangan yang tepat untuk diterapkan Lunacia Café berdasarkan hasil QSPM dengan nilai TAS (Total Attractiveness Scores) tertinggi 6,927 adalah denganmembuat promosi seperti potongan harga atau paket bundling khusus untuk pelajar/mahasiswa, anak muda, dan anggota komunitas.

English Abstract

The increasing level of coffee consumption in Indonesia is seen as an opportunity by business actors. The magnitude of this opportunity has increased business in the downstream coffee industry, especially coffee shops or coffee shops. Lunacia Cafe is one of the businesses engaged in this field. However, the high competition in the industry has made Lunacia Cafe experience less than optimal development. Therefore, the author wants to know what kind of strategy is suitable for Lunacia Cafe to develop its business. This research was conducted in June 2023, with the aim of knowing the internal and external factors owned by Lunacia Cafe and developing a development strategy from these factors. Respondents in the study were 100 people who were determined through total sampling and analyzed using the IFE, EFE, SWOT and QSPM matrices. Based on data analysis in the research, the results show that the internal factor which is the main strength of Lunacia Cafe is having a strategic location, while the main weakness is the lack of product quality. On the external factor, the main opportunity for Lunacia Cafe is having many potential customers because Indonesian people like to drink coffee or hang out, while the threat is unfavorable weather conditions. Based on these internal and external factors, the IFE and EFE scores were 3.341 and 3.48 respectively. The results of the IFE and EFE scores guide Lunacia Cafe's position in cell I in the IE matrix analysis which shows that Lunacia Cafe is in a grow and build position. There are 5 alternative strategies that can be formulated from the results of the analysis of the IFE matrix and the EFE matrix. Based on the results of the strategy formulation, it was explained that the right development strategy for Lunacia Café was implemented based on the QSPM results with the highest TAS (Total Attractiveness Scores) 6.927 by making promotions such as price discounts or special bundling packages for students, young people and community members.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Analisis SWOT, Matriks QSPM
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username ismiatun
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:11
Last Modified: 10 Jan 2024 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207146
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mochamad Rafly.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item