Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Commitment, Brand Awareness, dan Customer Advocacy pada Konsumen Restoran 7seven Chicken Kota Malang.

Pamungkas, Alvaro Yudha and Dr. Ir. Agustina Shinta HW., MP and Destyana Ellingga Pratiwi,, SP., MP. MBA. (2023) Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Commitment, Brand Awareness, dan Customer Advocacy pada Konsumen Restoran 7seven Chicken Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri makanan cepat saji menjadi salah satu industri yang berkembang pesat di Indonesia. Ditandai dengan tinggi pertumbuhan bisnis yang baru muncul dan beroperasi mulai dari skala besar hingga kecil. Pertumbuhan ini juga terjadi karena adanya permintaan yang tinggi dari masyarakat terhadap makanan cepat saji di Indonesia terutama di Kota Malang. Menurut BPS (2015) total pengeluaran yang dianggarkan pengunjung lokal terhadap makanan termasuk restoran dan sejenisnya secara kumulatif sebesar 22% dari total pengeluaran yang terbilang cukup tinggi di skala domestik. Salah satu restoran cepat saji yang beroperasi di Kota Malang adalah 7seven Chicken. Restoran ini seringkali menjadi favorit pilihan utama mahasiswa di Kota Malang yang ingin mengonsumsi makanan cepat saji khususnya fried chicken. Hal ini dikarenakan konsep 7seven Chicken yang mengusung restoran café atau tempat yang menjual makanan dan minuman namun juga memberikan tempat untuk sekedar mengobrol atau bekerja. Namun pada faktanya 7seven Chicken belum cukup kuat dalam menangani persaingan yang terjadi antara restoran cepat saji lain di Kota Malang seperti Mcd, KFC, atau Burger King. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, perusahaan harus bisa memberikan usaha yang dapat memaksimalkan kepuasan konsumennya. Usaha tersebut dapat diwujudkan dengan baik apabila restoran meningkatkan pengalaman positif yang dirasakan konsumen melalui pelayanan yang maksimal. Pengalaman ini nantinya akan berpengaruh pada kesadaran dan komitmen konsumen lain terhadap produk 7seven Chicken. Harapannya adalah kondisi tersebut akan menyebabkan tingginya kemauan konsumen dalam memberikan rekomendasi berupa saran kepada orang lain mengenai hal positif yang dikandung oleh produk dan layanan 7seven Chicken Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh brand experience terhadap brand awareness, brand commitment, dan customer advocacy pada konsumen restoran 7seven di Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dan data akan diolah menggunakan analisis persamaan strukturan SEM-PLS melalui aplikasi WarpPLS 8.0. Sampel yang digunakan adalah konsumen restoran 7seven Chicken yang ditentukan melalui penentuan metode non probability sampling utamanya teknik accidental samplingv Berdasarkan hasil analisis penelitian, ditemukan bahwa variabel brand experience berpengaruh secara signifikan terhadap brand awareness serta brand commitment. Hal ini dikarenakan semakin baik pengalaman konsumen akan berdampak pada semakin baiknya juga komitmen serta kesadaran konsumen. Selain itu ditemukan adanya pengaruh signifikan yang diberikan oleh brand awareness terhadap brand commitment serta customer advocacy yang dimana terjadi karena pengetahuan konsumen akan suatu produk menentukan tingkat komitmen konsumen dalam menggunakan atau membeli produk tersebut. Terakhir, variabel brand commitment juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap customer advocacy. Kepercayaan konsumen yang kuat terhadap suatu produk mendorong kemauan dan keberanian dalam memberikan rekomendasi serta saran terhadap orang lain.

English Abstract

The fastfood industry is one of the fastest-growing industries in Indonesia. This condition showed by the high growth of emerging businesses operating from large to small scale. This growth also occurs due to the high demand from the public for fast food in Indonesia, especially in Malang City. One of the most known fastfood restaurants is 7seven Chicken in Malang City. 7seven Chicken got attention because they carry a café restaurant concept or a place that sells food and drinks but also provides a place to work by working space they had. But, 7seven Chicken is not strong enough to get over from competition with other fast food restaurants in Malang such as Mcd, KFC, or Burger King. Companies have to provide businesses that can maximize customer satisfaction in coping with these problems This research aims to know the effect of brand experience on brand awareness, brand commitment, and customer advocacy for 7seven restaurant consumers in Malang City. The study uses a descriptive quantitative method then the data will be processed using SEM-PLS structural equation analysis through the WarpPLS 8.0 application. The sample used is the consumer of the 7seven Chicken restaurant, with the determination of the non-probability method, especially the accidental sampling technique to determine the sample. The result shows that the brand experience variable has a significant effect on brand awareness and brand commitment. A better experience will be affecting the consumers commitment and awareness. In addition, it also shown there was a signficane impact by brand awareness on brand commitment and customer advocacy which occurred because consumer knowledge of a product determines the level of consumer commitment in using or buying the product. Lastly, the brand commitment variable also has a significant influence on customer advocacy. Strong consumer trust in a product encourages willingness and courage in providing recommendations and suggestions to others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username chikyta
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:53
Last Modified: 10 Jan 2024 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207133
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alvaro Yudha Pamungkas.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item