Pengaruh Brand Ambassador dan Influencer Lokal Terhadap Keputusan Pembelian (Kasus pada Brand Scarlet Whitening di Kota Kediri dan Kota Malang)

Putri, Dinda Ratna and Dr. Drs. Wilopo, MAB (2023) Pengaruh Brand Ambassador dan Influencer Lokal Terhadap Keputusan Pembelian (Kasus pada Brand Scarlet Whitening di Kota Kediri dan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui dan menganalisis secara simultan pengaruh Brand Ambassador dan Local Influencer terhadap Purchase Decision; (2) Mengetahui dan menganalisis secara parsial pengaruh variabel Brand Ambassador terhadap Purchase Decision; (3) Mengetahui dan menganalisis secara parsial pengaruh variabel Local Influencer terhadap Purchase Decision. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan metode kuantitatif. Variabel yang terdapat dalam penelitian ini terdiri dari Brand Ambassador, Local Influencer, dan Purchase Decision. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini adalah konsumen brand Scarlett Whitening dengan kriteria bertempat tinggal disalah satu kota dari kota Kediri atau Malang, pernah membeli produk Scarlett Whitening yang direkomendasikan oleh influencer, mengetahui bahwa Song Joong Ki dan Twice adalah Brand Ambassador dari brand Scarlett Whitening dan berusia 17-32 tahun. Jumlah responden penelitian ini ditentukan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 116 responden dengan cara pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner online berbasis google form. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa Brand Ambassado berpengaruh secara signifikan parsial terhadap Purchase Decision, Local Influencer berpengaruh secara signifikan parsial terhadap Purchase Decision, dan Brand Ambassador dan Local Influencer memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap Purchase Decision.

English Abstract

The aims of this research are (1) Identifying and explaining simultaneously of Brand Ambassador and Local Influencer toward Purchase Decision; (2) Identifying and explaining partially the influence of Brand Ambassador toward Purchase Decision; (3) Identifying and explaining partially the influence of Local Influencer toward Purchase Decision. This research is an explanatory research and using quantitative approach. The variabels of this research are Brand Ambassador, Local Influencer, and Purchase Decision. The research population were a Scarlett Whitening consumer, living in Kediri or Malang city, and knowing that Song Joong Ki and Twice are the Brand Ambassador of Scarlett Whitening. The sampling method of this research was purposive sampling. Online Questionnaire were used in order to gather the data from 116 respondents. Descriptive analysis and multiple linear regression analysis were used in order to analysis the data. The result of this research were Brand Ambassador affected partially significant toward Purchase Decision, Local Influencer affected partially significant toward Purchase Decision, and Brand Ambassador and Local Influencer both affectes simultaneously significant toward Purchase Decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030515
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador, Local Influencer, Purchase Decision
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:04
Last Modified: 10 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207111
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Dinda Ratna Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item