Peran Pemasaran Media Sosial dan Celebrity Endorser dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Kedai Kopi

Shafara, Aliza Rizky and Dr. Riyanti Isaskar, SP., M. Si. and Dr.Ir. Agustina Shinta, HW, MP. (2023) Peran Pemasaran Media Sosial dan Celebrity Endorser dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Kedai Kopi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Era digitalisasi memberikan peluang pengembangan bagi para pelaku usaha dengan hadirnya internet dan media online. Peluang tersebut dimanfaatkan oleh usaha kedai kopi dalam mengimplementasikan aktivitas komunikasi pemasaran. Hal tersebut bertujuan agar pelaku usaha mampu berkompetisi dengan semakin meningkatnya kedai kopi di Indonesia. Salah satu komunikasi pemasaran yang diimplementasikan yaitu pemasaran media sosial serta celebrity endorser yang dapat memudahkan pelaku usaha dalam menyebarkan informasi dan memasarkan produk. Pemasaran media sosial dan celebrity endorser dilakukan untuk meningkatkan brand awareness, minat beli, yang dapat berujung pada peningkatan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian baik secara langsung maupun tidak langsung pada Fore Coffee. Penelitian ini dilaksanakan pada merek Fore Coffee yang berlokasi di kota Malang. Penentuan sampel dilakukan menggunakan metode non-probabillity dengan teknik purposive sampling, sebanyak 100 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan Analisis Deskriptif dan SEM-PLS. Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil bahwa Pemasaran Media Sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi Brand Awareness dan Minat Beli. Celebrity Endorser berpengaruh secara tidak langsung terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Awareness dan Minat Beli, akan tetapi tidak berpengaruh langsung dengan signifikan. Selain itu, didapatkan hasil bahwa Celebrity Endorser tidak memoderasi pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Brand Awareness.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042304
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Media Sosial, Celebrity Endorser, Brand Awareness, Minat Beli, Keputusan Pembelian, Moderasi, Mediasi.
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Tanaman, Fakultas Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username chikyta
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:40
Last Modified: 10 Jan 2024 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207110
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aliza Rizky Shafara.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item