Mandiri, Dinda Ervita and Prof. Dr. Sumartono, MS and Dr. Hermawan, S.IP., M.Si. (2023) Evaluasi Program Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi Dalam Perspektif CIPP (Context, Input, Process and Product) Studi pada Siapel di Dispendukcapil Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelaksanaan pelayanan publik khususnya dalam pelayanan administrasi kependudukan seringkali terdapat berbagai permasalahan yang kerap kali terjadi. Konsep E-government dapat menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan publik dengan memaksimalkan pemanfaatan informasi dan teknologi dalam memberikan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat. Kota Malang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil turut mengimplementasikan konsep tersebut ke dalam salah satu aplikasi layanan administrasi kependudukan bernama SIAPEL (Sistem Informasi Aplikasi Layanan Elektronik). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan terkait evaluasi program layanan aplikasi SIAPEL, faktor penghambat dan faktor pendukungnya beserta tindak lanjut mengenai evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif berfokus kepada empat perspektif evaluasi program CIPP menurut Daniel Stufflebeam yaitu perspektif context, input, process, dan product. Metode analisis yang digunakan adalah teori Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) evaluasi context (konteks) sudah baik, dikarenakan adanya dasar hukum pelaksanaan pelayanan SIAPEL, kesesuaian tujuan dengan kebutuhan masyarakat, kesesuaian latar belakang peluncuran aplikasi SIAPEL, adanya kerjasama dengan pihak terkait, (2) evaluasi input (masukan) sudah baik, dikarenakan adanya ketersediaan anggaran untuk pemeliharaan aplikasi SIAPEL, sarana dan prasarana yang mumpuni, serta keterbatasan SDM yang ada sudah ditindak lanjuti sehingga pelayanan dapat berjalan dengan baik, (3) evaluasi process (proses) cukup baik, dikarenakan pelayanan sudah berjalan sesuai dengan SOP, adanya ketersediaan tutorial pengaksesan aplikasi, namun masih diperlukan adanya sosialisasi secara menyeluruh kepada masyarakat, (4) evaluasi product (produk) sudah baik, dikarenakan pengguna aplikasi mengalami peningkatan dan masyarakat merasa dimudahkan dengan adanya aplikasi SIAPEL.
English Abstract
The implementation of public services, especially in population administration services, often has various problems that frequently occur. The E-government concept can be an effort that can be made to improve public services by maximizing the use of information and technology in providing effective and efficient services to the community. Malang City, through the Department of Population and Civil Registration, is also implementing this concept into one of the population administration service applications called SIAPEL (Electronic Service Application Information System). This research aims to analyze and describe the evaluation of the SIAPEL application service program, the inhibiting and supporting factors along with follow-up regarding the evaluation. The method used in this research is descriptive with a qualitative approach focusing on four perspectives of CIPP program evaluation according to Daniel Stufflebeam, namely context, input, process and product perspectives. The analytical method used is the theory of Miles, Huberman and Saldana which consists of data collection, data condensation, data presentation and drawing conclusions. The research results show that (1) the evaluation of the context is good, due to the existence of a legal basis for the implementation of SIAPEL services, suitability of objectives with community needs, suitability of the background for launching the SIAPEL application, cooperation with related parties, (2) evaluation of inputs. is good, due to the availability of budget for maintaining the SIAPEL application, adequate facilities and infrastructure, as well as existing human resource limitations that have been followed up so that the service can run well, (3) process evaluation is quite good, because the service has run in accordance with SOP, there is the availability of application access tutorials, but there is still a need for comprehensive outreach to the public, (4) product evaluation is good, because application users have increased and the public feels that it is made easier by the SIAPEL application.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030512 |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Evaluasi CIPP, Administrasi Kependudukan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 03:56 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 03:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207036 |
Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Dinda Ervita Mandiri.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |