Pengaruh Social Media Marketing dan Store Atmosphere Terhadap Repurchase Intention dengan Brand Image sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Kogu Café Pada Generasi Z di Kota Malang).

Fitriana, Rifda and Dr. Dwi Retno Andriani,, SP. MP. and Wisynu Ari Gutama, SP., MMA. (2023) Pengaruh Social Media Marketing dan Store Atmosphere Terhadap Repurchase Intention dengan Brand Image sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Kogu Café Pada Generasi Z di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

RINGKASAN Rifda Fitriana. 195040100111049. Pengaruh Social Media Marketing dan Store Atmosphere Terhadap Repurchase Intention dengan Brand Image sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Kogu Café Pada Generasi Z di Kota Malang). Di bawah Bimbingan Dr. Dwi Retno Andriani, SP. MP. sebagai Pembimbing Utama dan Wisynu Ari Gutama SP., MMA. sebagai Pembimbing Pendamping Tingginya persaingan usaha coffee shop khususnya di Kota Malang memaksa pelaku usaha untuk terus berupaya menarik perhatian konsumen melalui serangkaian kegiatan pemasaran dengan tetap mempertimbangkan perilaku konsumen. Kogu merupakan salah satu coffee shop yang berupaya mengembangkan potensi kegiatan bisnisnya dengan memanfaatkan social media marketing melalui Instagram. Unggahan pada akun Instagram Kogu berupa foto maupun video singkat memuat informasi terkait dengan produk Kogu. Selain konten mengenai informasi produk, Kogu juga sering mengunggah konten mengenai store atmosphere (suasana) yang terdapat pada Kogu. Hal tersebut dilakukan untuk membangun brand image yang baik sehingga dapat dicapainya keberlanjutan usaha. Salah satu tanda keberlanjutan dari suatu usaha dapat dicapai dengan adanya repurchase intention pada konsumen. Penelitian ini dilakukan pada Kogu pada bulan Mei hingga Juni 2023. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan 50 responden yang dipilih menggunakan teknik judgement sampling. Metode analisis data pada penelitian ini yaitu SEM-PLS dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) social media marketing berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap repurchase intention; 2) store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, 3) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, 4) social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, 5) store atmosphere memiliki positif dan signifikan terhadap brand image, 6) Brand image berhasil memediasi hubungan antara social media marketing terhadap repurchase intention, 7) Brand image berhasil memediasi hubungan antara store atmosphere terhadap repurchase intention. Saran yang dapat diberikan kepada Kogu adalah meningkatkan partisipasi konsumen di media sosial Instagram dengan mengadakan promo atau giveaway, meningkatkan dan memperbaiki kualitas produk, fasilitas dan pelayanan untuk membangun store atmosphere yang baik serta meningkatkan brand image yang baik di benak konsumen. Hal ini dilakukan dengan tujuan mencapai keberlanjutan usaha melalui repurchase intention konsumen.

English Abstract

SUMMARY Rifda Fitriana. 195040100111049. The Influence of Social Media Marketing and Store Atmosphere on Repurchase Intention with Brand Image as Mediating Variable (Study on Kogu Café and Generation Z in Malang City). Under The Guidance of Dr. Dwi Retno Andriani, SP. MP. and Wisynu Ari Gutama SP., MMA. The high competition in the coffee shop business in Malang forced entrepreneurs to attract consumers' attention by doing a series of marketing activities while still considering consumer behavior. Kogu is one of the coffee shops that tries to improve their business potential by taking advantage of social media marketing through Instagram. The posts on Kogu's Instagram account, whether photos or videos contain Kogu’s product information. Furthermore, Kogu frequently uploads content related to the atmosphere of its stores. They engage in these activities in the hopes to establish a good brand image that would enable them to sustain their business. In other hand, repurchase intention among customers is one sign of a business sustainability. This research was conducted at Kogu from May to June 2023. This research applies a quantitative approach with 50 respondents selected using judgement sampling technique. The data analysis method in this study is SEM-PLS using the SmartPLS 4.0 application. The results showed that: 1) social media marketing has a positive but insignificant effect on repurchase intention; 2) store atmosphere has a positive and significant effect on repurchase intention, 3) brand image has a positive and significant effect on repurchase intention, 4) social media marketing has a positive and significant effect on brand image, 5) store atmosphere has a positive and significant effect on brand image, 6) Brand image successfully mediates the relationship between social media marketing on repurchase intention, 7) Brand image successfully mediates the relationship between store atmosphere on repurchase intention. Suggestions that can be given to Kogu are increasing consumer participation on Instagram social media by holding promos or giveaways, improve their product quality, facilities and services to build a good store atmosphere, maintain a good brand image. The suggestions that have been mentioned aim to achieve business sustainability through consumer repurchase intentions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Store Atmosphere, Brand Image, Repurchase Intention
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username saputro
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:03
Last Modified: 10 Jan 2024 02:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/207022
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rifda Fitriana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item