Ernawati, Yulia and Prof. Dr. Ir. Soemarno,, MS and Dr. Eng. Turniningtyas Ayu R.,, ST., MT (2023) Program TAGANA (Taruna Siaga Bencana ) Dinas Sosial Kabupaten Blitar dalam Menangani Korban Bencana Banjir di Kecamatan Sutojayan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar merupakan kawasan yang hampir dilanda banjir tiap tahun. Fenomena tersebut diakibatkan oleh luapan air dari sungai Bogel yang tidak sanggup menampung aliran debit yang datang dari 4 sungai yaitu Kali Kedut Unut, Kali Kedut Wungu, Kali Gesing, dan Kali Rau. Selain itu penggundulan lahan di daerah Wonotirto memperparah banjir di Kecamatan Sutojayan. Pemerintah daerah Kabupaten Blitar telah membuat beberapa kebijakan tentang PRB seperti membentuk TAGANA (Taruna Siaga Bencana) yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Blitar untuk mengurangi resiko bencana akibat bencana banjir di Sutojayan. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh TAGANA Dinas Sosial Kabupaten Blitar adalah membantu memberikan pertolongan pada korban bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Program TAGANA seperti TRC (Tim Reaksi Cepat) yang melakukan kajian cepat ketika terjadi bencana, membuka dapur umum, membuka tempat penampungan sementara dan memberikan pendampingan sosial terhadap korban bencana. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan kegiatan seperti faktor manusia, faktor media, faktor metode, faktor materia, dan faktor managemen. Penelitian ini dimulai dengan identifikasi program yang dilaksanakan oleh TAGANA, kemudian dilanjutkan identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan program. Analisis Faktor dilakukan dengan analis regresi linier. Selanjutnya dilakukan penghitungan Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan TAGANA. Setelah didapatkan hasil berupa faktor yang mempengaruhi program dan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat, dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian terlihat bahwa faktor yang paling berpengaruh yaitu faktor manusia dan manajemen, sedangkan untuk nilai IKM secara keseluruhan yaitu 78,99 yang berarti “ baik”. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa faktor manusia dan manajemen yang paling mempengaruhi program maka dapat disusun arahan atau kebijakan untuk mempertahankan kualitas pelayanan yaitu peningkatan skill SDM dalam penanganan bencana. Sedangkan penghitungan IKM dari 9 unsur layanan, nilai tertinggi pada unsur biaya layanan dan nilai terendah pada unsur sarana dan prasarana. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan dari unsur biaya bernilai memuaskan sedangkan pelayanan dari unsur sarana dan prasarana bernilai kurang memuaskan. Dari hasil analisis data IKM maka dapat disimpulkan bahwa unsur sarana dan prasarana perlu untuk mendapatkan prioritas perbaikan.
English Abstract
Sutojayan District, Blitar Regency is an area that is nearly hit by floods every year. This phenomenon is caused by an overflow of water from the Bogel river which is unable to accommodate the flow of discharge coming from 4 rivers, namely the Kedut Unut River, the Kedut Wungu River, the Gesing River and the Rau River. In addition, land clearing in the Wonotirto area has exacerbated flooding in Sutojayan Distric. The regional government of Blitar Regency has made several policies regarding DRR such as forming TAGANA (Taruna Siaga Disaster) which is carried out by the Blitar Regency Social Service to reduce disaster risk due to the flood disaster in Sutojayan. One of the activities carried out by the Blitar Regency Social Service TAGANA is to help provide assistance to victims of the flood disaster that occurred in Sutojayan District, Blitar Regency. TAGANA programs such as the TRC (Rapid Reaction Team) which conducts rapid assessments when a disaster occurs, opens public kitchens, opens temporary shelters and provides social assistance to disaster victims. In the implementation of these activities there are several factors that influence the success of the implementation of activities such as human factors, media factors, method factors, material factors, and management factors. This research begins with the identification of the program implemented by TAGANA, then continues with the identification of the factors that influence the success of the program implementation. Factor analysis was performed with linear regression analysis. Furthermore, the calculation of the Community Satisfaction Index for TAGANA services is carried out. After obtaining the results in the form of factors that influence the program and the value of the Community Satisfaction Index, it can be concluded that from the results of the study it appears that the most influential factors are human and management factors, while the overall IKM score is 78.99 which means "good". Based on the results of data analysis, it was found that human and management factors most influenced the program, directives or policies could be developed to maintain service quality, namely improving human resource skills in disaster management. While the calculation of IKM from 9 service elements, the highest value is the service cost element and the lowest value is the facilities and infrastructure element. This shows that the service from the cost element is of satisfactory value while the service from the facilities and infrastructure element is of unsatisfactory value. From the results of the analysis of the IKM data, it can be concluded that the elements of facilities and infrastructure need to be prioritized for improvement.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | - |
Uncontrolled Keywords: | Banjir, Blitar, Faktor, Program, Sutojayan, Tagana.-Flood, Blitar, Factor, Program, Sutojayan, Tagana. |
Divisions: | Program Pascasarjana > Magister Pengelolaan Lingkungan, Program Pascasarjana |
Depositing User: | Unnamed user with username suprihatin |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 08:48 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 08:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206919 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
YULIA ERNAWATI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |