Adams, Mickail and Aminnullah Achhmad Muttaqin, M.Sc.Fin (2021) Implementasi Prinsip-Prinsip Bisnis Islam Di Coffee Shop Doro Putih Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan kopi di dunia saat ini dapat dikatakan sangat pesat. Ditandai dengan banyak ditemukannya cara mengolah kopi sesuai selera serta kebutuhan para penikmatnya. Imbas dari perkembangan kopi di seluruh dunia, Malang menjadi kota yang tentu memiliki dampak dari perkembangan kopi. Hal ini ditandai dengan banyaknya kedai kopi atau coffee shop hingga saat ini. Persaingan bisnis tentu tidak dapat dihindari guna mendapatkan keuntungan dalam berusaha. Dalam ajaran islam sendiri tentu memiliki syariat muamalah yang mengatur hubungan antar sesama manusia dalam kaitannya dengan harta atau disebut etika bisnis. Hal ini menjadi simbol keberkahan dalam berbisnis atau berusaha. Selain syariat islam, perkembangan ilmu pengetahuan juga memberi kontribusi terhadap praktik bisnis masyarakat dengan adanya ilmu ekonomi islam. Salah satu pemilik kedai kopi di kota Malang yang menarik untuk digali ialah Mas Nanang sebagai pemilik coffee shop Doro Putih. Maka, Peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah owner dari coffee shop Doro Putih, Mas Nanang telah menerapkan prinsip etika bisnis dalam perspektif islam pada coffee shop miliknya di tengah persaingan pasar yang cukup kompetitif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif maka, dapat diuraikan berbagai data yang menjawab permasalahan melalui berbagai sumber data yang diperoleh. Metode observasi atau pengamatan dan interview atau wawancara untuk menelusuri berbagai fakta di lapangan. Selain itu, berbagai dokumen-dokumen terdahulu yang berkaitan dijadikan sebagai referensi dan alat analisis dalam mendeskripsikan fenomena yang terjadi secara sistematis. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan baha sikap stukrur organiasi Doro Putih dimulai dari owner hingga barista dan kitchen sudah menerapkan nilai dasar prinsip-prinsip bisnis islam dengan baik. Mereka melakukan hal tersebut agar bisnis berjalan dengan baik. Dengan menerapkan nilai dasar prinsip-prinsip bisnis islam Doro Putih berkembang menjadi salah satu coffee shop yang dikenal di Malang, Selain itu, membuat bisnis berjalan dengan baik dan dapat bertahan di masa pandemi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521020557 |
Uncontrolled Keywords: | Kopi,Kedai Kopi, Prinsip Bisnis Islam, Pengusaha |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 08:19 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 08:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206816 |
![]() |
Text
Mickail Adams.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |