Studi Penjadwalan Pelaksanaan Pembangunan Proyek Penanganan Pasca Bencana Banjir Bandang di Kecamatan Bumiaji Kota Batu dengan Menggunakan Microsoft Project Manager 2016

Devi, Agung Ayu Gayatri and Prof. Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT., IPU., ASEAN.Eng. and Dr. eng. Ir. Evi Nur Cahya, ST., MT. (2023) Studi Penjadwalan Pelaksanaan Pembangunan Proyek Penanganan Pasca Bencana Banjir Bandang di Kecamatan Bumiaji Kota Batu dengan Menggunakan Microsoft Project Manager 2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proyek penanganan pasca bencana banjir bandang yang berlokasi di Kecamatan Bumiaji Kota Batu ini merupakan proyek tanggap darurat untuk menangani akibat kerusakan dari bencana banjir yang terjadi pada tanggal 4 November 2021 dengan melaksanakan pembangunan dinding penahan tanah yang pada awalnya berupa tanah asli dan pelebaran sungai menggunakan pasangan batu dan pasangan beronjong. Dalam pembangunannya diperlukan suatu manajemen terkait seluruh aktivitas proyek untuk mengkoordinasikan suatu kegiatan, sumber daya, dan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya agar proyek dapat mencapai waktu, biaya, dan kualitas yang optimal. Dalam studi ini dianalisa pelaksanaan proyek penanganan pasca bencana banjir bandang di Kota Batu. Pekerjaan yang dianalisa hanya pekerjaan sipil. Sebelum melakukan penjadwalan, langkah pertama adalah menentukan metode pelaksanaan pekerjaan untuk mengidentifikasi jenis sumber daya yang dibutuhkan. Setelah kebutuhan sumber daya ditentukan, dilakukan perhitungan produktivitas peralatan, produktivitas pekerja, dan kebutuhan material. Langkah selanjutnya adalah menganalisis Harga Satuan Pekerjaan yang digunakan untuk merencanakan anggaran biaya dengan mengalikan harga satuan dengan volume setiap pekerjaan. Selanjutnya, dilakukan estimasi durasi pekerjaan dan membangun hubungan ketergantungan antar pekerjaan. Setelah itu, kami menganalisis rencana pelaksanaan proyek menggunakan dua alternatif. Dalam penelitian ini, alternatif yang dipertimbangkan adalah penambahan jam kerja dan penambahan alat berat. Kemudian, kami menggunakan Microsoft Project Manager 2016 untuk melakukan penjadwalan. Hasil yang diperoleh meliputi kurva S, waktu, dan jumlah kebutuhan sumber daya. Data ini akan dievaluasi kembali untuk memilih alternatif yang paling optimal. Berdasarkan penjadwalan pelaksanaan pembangunan proyek penanganan pasca bencana banjir bandang di Kota Batu, didapatkan durasi selama 122 hari kerja dengan biaya sebesar Rp 38.659.318.696 (Tiga Puluh Delapan Miliar Enam Ratus Lima Puluh Sembilan Juta Tiga Ratus Delapan Belas Ribu Enam Ratus Sembilan Puluh Enam Rupiah). Setelah dilakukan percepatan jadwal dengan menggunakan alternatif penambahan jam kerja, durasi proyek menjadi 119 hari kerja dengan biaya Rp 37.513.103.744 (Tiga Puluh Tujuh Miliar Lima Ratus Tiga Belas Juta Seratus Tiga Ribu Tujuh Ratus Empat Puluh Empat Rupiah). Sementara itu, dengan alternatif penambahan alat berat, durasi proyek menjadi 110 hari kerja dengan biaya Rp 38.352.170.475 (Tiga Puluh Depalan Miliar Tiga Ratus Lima Puluh Dua Juta Seratus Tujuh Puluh Ribu Empat Ratus Tujuh Puluh Lima Rupiah). Berdasarkan hasil tersebut, alternatif yang dipilih untuk percepatan jadwal pelaksanaan pembangunan proyek penanganan pasca bencana banjir bandang di Kota Batu adalah alternatif dengan penambahan jam kerja.

English Abstract

The flash flood post-disaster management project, located in Bumiaji District, Batu City, is an emergency response project to deal with the damage caused by the flood disaster that occurred on November 4, 2021 by carrying out the construction of retaining walls which were originally native soil and widening the river using stone masonry and gabion masonry. In its construction, a management is needed regarding all project activities to coordinate an activity, resources, and the parties involved in it so that the project can achieve optimal time, cost, and quality. This study analyzes the implementation of a post-disaster flash flood management project in Batu City. The work analyzed is only civil work. Before scheduling, the first step is to determine the method of work implementation to identify the types of resources needed. After the resource requirements are determined, calculations are made of equipment productivity, worker productivity, and material requirements. The next step is to analyze the Unit Price of Work used to plan the cost budget by multiplying the unit price by the volume of each job. Next, we estimate the duration of the work and establish dependency relationships between jobs. After that, we analyze the project implementation plan using two alternatives. In this study, the alternatives considered are the addition of working hours and the addition of heavy equipment. Then, we used Microsoft Project Manager 2016 to perform scheduling. The results obtained include S-curves, time, and number of resource requirements. This data will be re-evaluated to select the most optimal alternative. Based on the scheduling of the implementation of the construction of the post flash flood disaster management project in Batu City, a duration of 122 working days was obtained at a cost of Rp 38,659,318,696 (Thirty Eight Billion Six Hundred Fifty Nine Million Three Hundred Eighteen Thousand Six Hundred Ninety Six Rupiah). After accelerating the schedule by using the alternative of adding working hours, the project duration becomes 119 working days at a cost of Rp 37,513,103,744 (Thirty Seven Billion Five Hundred Thirteen Million One Hundred Three Thousand Seven Hundred Forty Four Rupiah). Meanwhile, with the alternative of adding heavy equipment, the project duration becomes 110 working days at a cost of Rp 38,352,170,475 (Thirty-Six Billion Three Hundred Fifty Two Million One Hundred Seventy Thousand Four Hundred Seventy Five Rupiah). Based on these results, the alternative chosen to accelerate the construction schedule of the post flash flood handling project in Batu City is the alternative with the addition of working hours.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052307
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan, Microsoft Project Manager 2016, Jam Kerja, Alat Berat
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.4 Flood control
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Unnamed user with username tunjungsari
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:30
Last Modified: 09 Jan 2024 08:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206780
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Agung Ayu Gayatri Devi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item