Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Klinik Kecantikan Naavagreen Natural Skin Care Tuban)

Fatmawati, Diana and Irfan Kharisma Putra, S.AB, M.AB. (2023) Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Klinik Kecantikan Naavagreen Natural Skin Care Tuban). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Kualitas Produk (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). (2) mengetahui pengaruh Kualitas Produk (X1) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). (3) mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan (X2)terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah responden yang pernah melakukan pembelian dan perawatan minimal satu kali pada Klinik Naavagreen Kota Tuban yang tidak diketahui jumlahnya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Machin dan Campbell. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara stimultan terhadap Loyalitas Pelanggan. (2) Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. (3) Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Klinik Kecantikan Naavagreen Kota Tuban diharapkan untuk selalu menjaga kualitas produk dan pelayanannya untuk menjaga loyalitas pelanggan agar pelanggan tidak berpaling pada perusahaan kecantikan lain.

English Abstract

This study aims to (1) determine the effect of Product Quality (X1) and Service Quality (X2) simultaneously on Customer Loyalty (Y). (2) determine the effect of Product Quality (X1) on Customer Loyalty (Y). (3) determine the effect of Service Quality (X2) on Customer Loyalty (Y). The type of research used is explanatory research with a quantitative approach. The population used in this study were respondents who had purchased and treated at least once at the Naavagreen Clinic in Tuban, an unknown number. The sampling technique in this study used the Machin and Campbell formula .The data collection method used a questionnaire. The technique used is descriptive analysis, classical assumption test, and multiple linear regression. The results of this study indicate that (1) Product Quality and Service Quality have a simultaneous effect on Customer Loyalty. (2) Product Quality has a significant effect on Customer Loyalty. (3) Service Quality has a significant effect on Customer Loyalty. The Naavagreen Beauty Clinic in Tuban City is expected to always maintain the quality of its products and services to maintain customer loyalty so that customers do not turn to other beauty companies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030501
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Pelayanan, Loyalitas Pelanggan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:32
Last Modified: 10 Jan 2024 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206718
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Diana Fatmawati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item