Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemberian Kredit Usaha Rakyat terhadap Usaha Mikro dan Kecil (Studi pada BRI Unit Kramat Jati Induk).

Glory Margaretha, Mellisa and Dr. Fitria Dina Riana,, SP., MP. and Anisa Aprilia,, SP., MP., M.BA (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemberian Kredit Usaha Rakyat terhadap Usaha Mikro dan Kecil (Studi pada BRI Unit Kramat Jati Induk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Mikro, dan Kecil (UMK) merupakan unit usaha yang berperan strategis dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satu sektor UMK dengan jumlah unit usaha yang cukup banyak adalah sektor pertanian yang mencapai 110.650 unit usaha. Kramat Jati merupakan salah satu daerah yang didominasi oleh pelaku UMK di sektor pertanian, khususnya pada subsektor hilir. Dalam pengembangan usahanya, pelaku UMK membutuhkan tambahan modal usaha. Akan tetapi, seringkali pelaku UMK tidak mendapatkan fasilitas kredit perbankan karena salah satu ciri khas UMK yang feasible namun belum bankable. Artinya pelaku UMK memiliki prospek usaha yang baik namun belum mampu memenuhi syarat perbankan, khususnya dalam hal jaminan kredit. Oleh karena itu, pemerintah menerbitkan program Kredit Usaha Rakyat sebagai salah satu upaya untuk memperkuat akses permodalan usaha skala kecil. Kredit Usaha Rakyat merupakan jenis Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan suku bunga 6% per tahun. Pelaku usaha hanya perlu melampirkan usaha yang sedang dijalankannya dengan minimal 6 bulan berjalan sebagai jaminan pokok pengajuan KUR. Dana KUR sepenuhnya berasal dari bank penyalur KUR. BRI Unit Kramat Jati Induk per September 2022 ditargetkan dapat menyalurkan KUR sebesar Rp 69 Miliar. Akan tetapi, pada realisasinya BRI Kramat Jati Induk hanya menyalurkan KUR sebesar Rp 50,6 Miliar atau 73,4% dari target penyaluran KUR yang telah ditetapkan Melihat data tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat gap antara target dengan realisasi KUR. Padahal, disisi lain permintaan KUR oleh pelaku UMK di Kramat Jati terus meningkat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti masih banyaknya usaha mikro dan kecil yang belum layak menerima kredit, dan pelaku usaha yang belum memahami prosedur, hak dan kewajiban debitur KUR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyaluran KUR serta menganalisis faktor-faktor yang diduga dapat mempengaruhi keputusan pemberian KUR, yang meliputi usia, tingkat pendidikan, lama usaha, laba usaha, riwayat kredit nilai kredit dan jangka waktu pinjaman yang diajukan di BRI Unit Kramat Jati Induk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penetuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode sampel sensus sebanyak 80 responden. Seluruh responden tersebut merupakan pelaku usaha yang mengajukan KUR di bulan Januari hingga Februari 2023. Penelitian ini dilakukan di BRI Unit Kramat Jati Induk pada bulan Januari hingga Februari 2023. Metode analisis yang digunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Metode analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan ketentuan dan penyaluran KUR di BRI Unit Kramat Jati Induk, sedangkan metode analisis kuantitatif dengan metode Analisis Regresi Logistik yang bertujuan untuk menganalisis data yang berupa angka menganai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pemberian KUR dengan alat analisis SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan kredit modal kerja dan atau investasi yang diberikan kepada usaha mikro perorangan yang memiliki usaha produktif yang dilayani oleh BRI Unit yang dimintakan penjaminan kepada Penjamin dengan maksimal nilai/plafon kredit sebesar Rp100 juta per debitur dan jangka waktu maksimal 3 tahun. Dana KUR sepenuhnya berasal dari BRI Unit Kramat Jati Induk sebagai bank penyalur dengan besaran penjaminan 70%, dan sisanya sebesar 30% merupakan bagian kerugian BRI. KUR dijamin oleh PT Jamkrindo dan PT Askrindo. Secara umum, debitur KUR memiliki hak untuk mengetahui besaran fasilitas kredit yang diterima, jangka waktu, besaran angsuran kredit serta semua biaya yang dikenai dalam kredit, termasuk biaya bunga, penalty rate, provisi dan biaya administrasi. Kewajiban debitur adalah melaksanakan penggunaan kredit sesuai dengan perjanjian rkedit dan membayar angsuran kredit secara tertib setiap bulannya. Penyaluran KUR dimulai dengan pelaku usaha mengajukan KUR ke kantor unit BRI, memberikan beberapa dokumen dan informasi data yang diperlukan, pihak bank melakukan pengecekan riwayat kredit dan melakukan analisis kredit, dan berakhir pada realisasi kredit sesuai dengan pertimbangan bank mengenai kemampuan calon debitur. Selain itu, dari hasil analisis kuantitatif didapatkan bahwa usia, tingkat pendidikan, lama usaha, laba usaha, riwayat kredit, nilai kredit, dan jangka waktu kredit yang diajkan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pemberian KUR. Akan tetapi secara parsial, usia tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pemberian KUR. Faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pemberian kredit adalah laba usaha. Oleh karena itu, saran yang dapat diberikan adalah pelaku usaha yang mengajukan KUR hendaknya menyesuaikan laba usaha dan nilai kredit yang diajukan agar nilai angsuran lebih rasional dan tidak terlalu membebankan debitur, sehingga meminimalkan terjadinya kredit macet. Dalam hal lama usaha, calon debitur sebaiknya memiliki usaha yang konsisten dengan jangka waktu diatas 6 bulan. Selain itu, calon debitur juga sebaiknya memiliki riwayat kredit yang baik dan tepat waktu.

English Abstract

Micro, and Small Enterprises (MSEs) are business units that play a strategic role in Indonesia's economic growth. One of the MSE sectors with a large number of business units is the agriculture sector, which reaches 110,650 business units. Kramat Jati is one of the areas dominated by MSEs in the agricultural sector, especially in the downstream subsector. In developing their business, MSEs need additional business capital. However, MSE actors often do not get bank credit facilities because one of the characteristics of MSEs is that they are feasible but not bankable. This means that MSE actors have good business prospects but have not been able to fulfil banking requirements, especially in terms of credit guarantees. Therefore, the government issued the People's Business Credit programme as an effort to strengthen access to capital for small-scale businesses. Kredit Usaha Rakyat is a type of Unsecured Credit (KTA) with an interest rate of 6% per year. Business actors only need to attach the business they are running with a minimum of 6 months running as the main guarantee for applying for KUR. KUR funds come entirely from KUR channeling banks. BRI Unit Kramat Jati Induk as of September 2022 is targeted to distribute KUR amounting to Rp 69 billion. However, in its realisation, BRI Kramat Jati Induk only distributed KUR amounting to Rp. 50.6 billion or 73.4% of the KUR distribution target that had been determined. In fact, on the other hand, the demand for KUR by MSEs in Kramat Jati continues to increase. This is due to several factors such as the large number of micro and small businesses that are not yet eligible to receive credit, and business actors who do not understand the procedures, rights and obligations of KUR debtors. The purpose of this research is to describe the distribution of KUR and analyse the factors that are thought to influence the decision to grant KUR, which includes age, education level, length of business, business profit, credit history, credit value and loan term proposed at BRI Unit Kramat Jati Induk. This research uses a quantitative approach with a sample determination technique in this study using non-probability sampling techniques with a census sample method of 80 respondents. All respondents are business actors who apply for KUR from January to February 2023. This research was conducted at BRI Unit Kramat Jati Induk from January to February 2023. The analysis method used is quantitative descriptive analysis method. The descriptive analysis method is used to describe the provisions and distribution of KUR at BRI Unit Kramat Jati Induk, while the quantitative analysis method is the Logistic Regression Analysis method which aims to analyse data in the form of numbers regarding the factors that influence the decision to grant KUR with the SPSS analysis tool. Based on the results of the research, it is known that the People's Business Credit (KUR) is a working capital loan and / or investment given to individual micro businesses that have productive businesses served by BRI Units that are requested for guarantees to the Guarantor with a maximum credit value / ceiling of Rp100 million per debtor and a maximum period of 3 years. KUR funds come entirely from BRI Unit Kramat Jati Induk as a channeling bank with a guarantee amount of 70%, and the remaining 30% is BRI's share of losses. KUR is guaranteed by PT Jamkrindo and PT Askrindo. In general, KUR debtors have the right to know the amount of the credit facility received, the time period, the amount of credit instalments and all costs incurred in the credit, including interest costs, penalty rates, provisions and administrative costs. The debtor's obligation is to use the credit in accordance with the credit agreement and to pay the credit instalments in an orderly manner every month. KUR distribution begins with business actors applying for KUR at the BRI unit office, providing several documents and data information needed, the bank checks the credit history and conducts a credit analysis, and ends with the realisation of credit in accordance with the bank's consideration of the prospective debtor's ability. In addition, from the results of the quantitative analysis, it was found that age, education level, length of business, business profit, credit history, credit score, and credit period simultaneously influenced the decision to grant KUR. However, partially, age has no influence on the decision to grant KUR. The factor that has the most influence on the decision to grant credit is business profit. Therefore, the advice that can be given is that business actors who apply for KUR should adjust their business profits and the proposed credit value so that the installment value is more rational and does not burden the debtor too much, thus minimising the occurrence of bad credit. In terms of length of business, prospective debtors should have a consistent business with a period of more than 6 months. In addition, prospective debtors should also have a good and timely credit history.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Uncontrolled Keywords: Kredit, Kredit Usaha Rakyat, Bank, Keputusan Pemberian KUR
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username ismiatun
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:04
Last Modified: 09 Jan 2024 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206715
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mellisa Glory Margaretha.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item