Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Mapel Bahasa Indonesia Kelas X di SMKN 11 Malang.

Syarochil,, Ahmad Imdadus. and Machrus Abadi, M.Pd., (2023) Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Mapel Bahasa Indonesia Kelas X di SMKN 11 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengusung tema tentang problematika penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMKN 11 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika penerapan Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMKN 11 Malang serta solusi dalam mengatasi problematika tersebut. Berdasarkan dua tujuan tersebut peneltitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan pengambilan data menggunakan teknik wawancara, kuisioner dan dokumentasi yang diperoleh dari siswa-siswi kelas X dan guru Bahasa Indonesia kelas X di SMKN 11 Malang. Dari penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa ada tujuh hambatan yang dialami pada saat penerapan Kurikulum Merdeka mapel Bahasa Indonesia beserta solusinya yakni kurangnya sosialisasi Kurikulum Merdeka dan penyesuaian perangkat ajar diatasi dengan sosialisasi Kurikulum Merdeka secara berkala, butuhnya waktu transisi dari K13 ke Kurikulum Merdeka diatasi dengan memanfaatkan media digital untuk pembelajaran, tidak adanya buku bahan ajar yang pasti yang bisa digunakan oleh siswa diatasi dengan menyediakan buku bahan ajar secara mandiri, terpotongnya jam pelajaran yang digunakan untuk kegiatan P5 diatasi dengan pemanfaatan jam belajar diluar kelas, terlalu mendadaknya perpindahan kurikulum tanpa adanya kesiapan yang matang diatasi dengan menerapkan Kurikulum Merdeka dengan paradigma K13, kurang nya sarana dan prasarana dalam bidang IT seperti koneksi wifi yang kurang stabil dan kurangnya jumlah proyektor yang bisa digunakan untuk pembelajaran diatasi dengan penyediaan materi pembelajaran yang bisa diakses di rumah.

English Abstract

This study carries the theme of the problematic implementation of the Independent Curriculum in Indonesian language class X at SMKN 11 Malang. This study aims to determine the problems of implementing the Independent Curriculum in Indonesian language class X at SMKN 11 Malang and the solutions to overcome these problems. Based on these two objectives, this research is qualitative descriptive research with data collection using interview techniques, questionnaires, and documentation obtained from class X students and class X Indonesian teachers at SMKN 11 Malang. From this study it was concluded that there were seven obstacles experienced when implementing the Merdeka Curriculum in the Indonesian language subject and the solution, namely the lack of socialization of the Independent Curriculum and adjustments to teaching tools were overcome by periodic socialization of the Independent Curriculum, the need for transition time from K13 to the Independent Curriculum was overcome by utilizing the media digital for learning, there is no definite teaching material book that can be used by students overcome by providing teaching material books independently, the cut off of the lesson hours used for P5 activities is overcome by the use of study hours outside the classroom, too sudden a shift in the curriculum without proper preparation overcome by implementing the Independent Curriculum with the K13 paradigm, the lack of facilities and infrastructure in the IT field such as unstable wifi connections and the lack of projectors that can be used for learning is overcome by providing learning materials that can be accessed at home.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: maria
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:47
Last Modified: 09 Jan 2024 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206680
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ahmad Imdadus Syarochil.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item