Socrative sebagai Media Optimalisasi Kompetensi Menulis Teks Laporan Percobaan Siswa Kelas IX.

Firani, Adelia Scor and Dr. Warsiman,, M.Pd. Socrative sebagai Media Optimalisasi Kompetensi Menulis Teks Laporan Percobaan Siswa Kelas IX. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menulis merupakan salah satu kompetensi berbahasa yang penting untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Namun masih banyak permasalahan yang dialami peserta didik dalam mengoptimalkan kompetensi menulisnya, salah satunya adalah minimnya tulisan mengenai materi yang sedang dipelajari. Hal tersebut ditakutkan akan berdampak kepada aspek pembelajaran lainnya. Penelitian ini menawarkan solusi penggunaan aplikasi Socrative untuk mengoptimalkan kompetensi menulis peserta didik kelas IX F di SMPN 15 Malang dalam mempelajari teks laporan percobaan. Subjek penelitian berjumlah 31 peserta dengan 2 siklus penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara terbuka dengan peserta didik. Hasil penelitian ini mneunjukkan pada siklus pertama, kompetensi menulis peserta didik naik 74% dan menjadi 94% di siklus kedua. Peserta didik juga memiliki penilaian yang baik terhadap penggunaan aplikasi Socrative. Fitur kuis dalam aplikasi Socrative meningkatkan kompetensi menulis peserta didik dengan merangsang rasa ingin tahu mereka. Aplikasi Socrative mampu menjadi media optimalisasi kompetensi menulis peserta didik kelas IX F di SMPN 15 Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052212
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: maria
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:33
Last Modified: 09 Jan 2024 07:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206620
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adelia Scor Firani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item