Sari, Dewi Arviana Pravita and Firda Hidayati, S.Sos, MPA, DPA and Nurjati Widodo, S.AP., M.AP. (2023) Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan SMAN 1 Kepanjen dengan Menggunakan Metode LibQUAL. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perpustakaan sekolah memiliki tujuan yang berfokus pada kebutuhan pemustaka karena perpustakaan sendiri adalah organisasi publik yang mengutamakan kepuasan penggunanya. Untuk mencapai kepuasan pemustaka, perpustakaan harus dapat memberikan kualitas layanan perpustakaan yang baik. Kualitas layanan perpustakaan digunakan sebagai tolok ukur serta bahan evaluasi untuk meningkatkan layanan perpustakaan. Metode yang dapat digunakan untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan adalah LibQUAL+ yang memiliki tiga dimensi penilaian yaitu affect of service, information control, dan library as place. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan SMAN 1 Kepanjen dengan LibQUAL+ dan IPA. Penggunaan analisis IPA disini bertujuan untuk mengetahui tingkat prioritas perbaikan dari item LibQUAL+. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota perpustakaan SMAN 1 Kepanjen yaitu siswa tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 93 responden, penarikan sampel menggunakan teknik insidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian, secara keseluruhan item layanan perpustakaan berdasarkan LibQUAL+ masih belum memenuhi harapan ideal pemustaka. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan gap antara persepsi dan harapan yang bernilai negatif pada seluruh item LibQUAL+. Akan tetapi, dari keseluruhan item LibQUAL+ hampir semuanya sudah memenuhi harapan minimal dari pemustaka, hanya 8 item yang masih belum memenuhi harapan minimal. Dari hasil tersebut, perpustakaan memerlukan tindakan peningkatan layanan agar dapat memenuhi kebutuhan pemustaka dengan baik dan memuaskan. Dari hasil analisis kuadran IPA dapat disimpulkan bahwa item yang diperlukan untuk dilakukan perbaikan segera dengan prioritas tinggi adalah item yang terletak pada kuadran I yaitu item IC3 terkait dengan ketersediaan koleksi cetak yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka.
English Abstract
School libraries have objectives that focus on the needs of users because the library itself is a public organization that prioritizes user satisfaction. To achieve user satisfaction, the library must be able to provide good quality library services. The quality of library services is used as a benchmark and evaluation material to improve library services. The method that can be used to determine the quality of library services is LibQUAL+ which has three dimensions of assessment, namely affect of service, information control, and library as place. The purpose of this study is to determine the quality of library services at SMAN 1 Kepanjen using LibQUAL+ and IPA. The use of IPA analysis here aims to determine the priority level of improvement of LibQUAL+ items. The research method used is quantitative. The population in this study were members of the SMAN 1 Kepanjen library, which are students in the 2023/2024 school year. The sample used in this study amounted to 93 respondents, withdrawing samples using incidental sampling techniques. Based on the results of the study, overall library service items based on LibQUAL + still do not meet the ideal expectations of library users. This can be shown from the calculation of the gap between perceptions and expectations which is negative on all LibQUAL + items. However, of all LibQUAL+ items, almost all of them have met the minimum expectations of the users, and only 8 items still do not meet the minimum expectations. From these results, the library requires service improvement actions to meet the needs of the users well and satisfactorily. From the results of IPA quadrant analysis, it can be concluded that the items required for immediate improvement with high priority are items located in quadrant I, namely item IC3 related to the availability of print collections that are by the needs of users.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030493 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, Kepuasan Pemustaka, LibQUAL+ |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 02:08 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 02:08 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206549 |
Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Dewi Arviana Pravita Sari.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |