Analisis Pengaruh Upah Minimum, Jumlah Penduduk, IPM, PMTB, Pertumbuhan Ekonomi dan Sektor Pertanian Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka di Jawa Timur

Puspita, Kerina Della and Moh. Athoillah,, S.E., M.E. (2023) Analisis Pengaruh Upah Minimum, Jumlah Penduduk, IPM, PMTB, Pertumbuhan Ekonomi dan Sektor Pertanian Terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka di Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi dengan kepadatan penduduk kedua setelah Provinsi Jawa Barat. Jumlah Penduduk yang tersebut tentunya dapat menjadi keuntungan dengan sumber daya manusia yang berlimpah atau permasalahan terkait dengan ketenagakerjaan. Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh upah minimum, jumlah penduduk, IPM, PMTB, pertumbuhan ekonomi, dan sektor pertanian terhadap tingkat pengangguran terbuka di 38 kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur tahun 2012-2022. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan model data panel. Hasil penelitian menunjukkan apabila data terbebas dari permasalahan asumsi klasik dengan variabel upah minimum memiliki pengaruh signifikan positif, variabel jumlah penduduk serta variabel pertanian memiliki pengaruh tidak signifikan dan positif, variabel IPM dan PMTB memiliki pengaruh signifikan negatif, variabel pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh tidak signifikan dan negatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020588
Uncontrolled Keywords: Upah Minimum, Jumlah Penduduk, IPM dan PMTB, Pertumbuhan Ekonomi, dan Sektor Pertanian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:53
Last Modified: 09 Jan 2024 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206546
[thumbnail of DASLAM MASA EMBARGO] Text (DASLAM MASA EMBARGO)
Kerina Della.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item