Socrative sebagai Media Optimalisasi Kompetensi Menulis Teks Laporan Percobaan Siswa Kelas IX

Firani, Adelia Scor and Dr. Warsiman,, M.Pd. (2022) Socrative sebagai Media Optimalisasi Kompetensi Menulis Teks Laporan Percobaan Siswa Kelas IX. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menulis merupakan salah satu kompetensi berbahasa yang penting untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Namun masih banyak permasalahan yang dialami peserta didik dalam mengoptimalkan kompetensi menulisnya, salah satunya adalah minimnya tulisan mengenai materi yang sedang dipelajari. Hal tersebut ditakutkan akan berdampak kepada aspek pembelajaran lainnya. Penelitian ini menawarkan solusi penggunaan aplikasi Socrative untuk mengoptimalkan kompetensi menulis peserta didik kelas IX F di SMPN 15 Malang dalam mempelajari teks laporan percobaan. Subjek penelitian berjumlah 31 peserta dengan 2 siklus penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara terbuka dengan peserta didik. Hasil penelitian ini mneunjukkan pada siklus pertama, kompetensi menulis peserta didik naik 74% dan menjadi 94% di siklus kedua. Peserta didik juga memiliki penilaian yang baik terhadap penggunaan aplikasi Socrative. Fitur kuis dalam aplikasi Socrative meningkatkan kompetensi menulis peserta didik dengan merangsang rasa ingin tahu mereka. Aplikasi Socrative mampu menjadi media optimalisasi kompetensi menulis peserta didik kelas IX F di SMPN 15 Malang.

English Abstract

Writing competence is part of the language competencies. In several previous studies, students' writing competence was still low, as well as in class IX F of SMPN 15 Malang. The research gap of this study is the product of the dependent variable. This kind of research is a classroom action research with two cycles that aims to improve the ability to write report text material for ninth-grade students. The research subjects were 31 students. The instruments used were observation and open interviews. The results of this study indicate that students' writing competence rose to 74% in the first cycle and 94% in the second cycle. The quiz feature in the Socrative improves students' writing competence by stimulating their curiosity. In conclusion, Socrative can be a medium for optimizing writing competence because it meets the success criteria of increasing writing competence and the ease of Socrative applications to run.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052212
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: maria
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:13
Last Modified: 09 Jan 2024 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206539
[thumbnail of Adelia Scor Firani.pdf] Text
Adelia Scor Firani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item