Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian dengan brand trust sebagai variabel moderasi.

KUSHERAWATI, ADINDA PUTRI and Dr. Riyanti Isaskar,, SP., M.Si and Heptari Elita Dewi,, SP., MP. (2023) Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian dengan brand trust sebagai variabel moderasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Popularitas Instagram saat ini menjadikan banyak pelaku usaha mulai memanfaatkan Instagram dalam kegiatan pemasarannya. UMKM DHC menggunakan media sosial Instagram untuk mempromosikan produknya dan menjangkau konsumen yang lebih banyak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Artaya & Purworusmiardi (2019), menyatakan bahwa adanya hubungan linier antara pemasaran dan penjualan. Akan tetapi, jika dilihat pada Instagram DHC, interaksi yang terjadi pada media sosial Instagram masih kurang mendapatkan respon dari para pengikutnya dimana interaksi tersebut merupakan salah satu indikator dari pemasaran media sosial, sedangkan penjualan terjadi secara stagnan. Selain itu, berdasarkan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Hanaysha (2022) diketahui bahwa walaupun salah satu indikator SMM kurang mendapat respon, tetapi pemasaran tersebut tetap mempengaruhi keputusan pembelian karena adanya perasaan aman dan kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut atau yang biasa disebut dengan brand trust. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media marketing melalui Instagram terhadap minat beli dan keputusan pembelian, menganalisis pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian dan menganalisis pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, serta menganalisis pengaruh keduanya dengan brand trust sebagai variabel moderasi. Penelitian yang dilakukan di UMKM DHC ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah minimum responden sebanyak 45 orang dengan kriteria responden yaitu pengguna aktif media sosial, mengikuti Instagram @daileehealthyclub, dan sudah pernah membeli produk UMKM DHC sebanyak 2x. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan pengukuran skala Likert lima kategori dan dianalisis menggunakan SEM-PLS dengan software WarpPLS 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli tetapi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, dan brand trust signifikan memoderasi hubungan social media marketing terhadap minat beli tetapi tidak signifikan memoderasi hubungan social media marketing terhadap keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan untuk UMKM DHC, yaitu mempertahankan keaktifan dalam mengunggah informasi-informasi melalui Instagram sehingga memudahkan konsumen mencari produk sesuai yang dibutuhkan, meningkatkan interaksi yang ada di Instagram dengan cara mengadakan giveaway, meningkatkan kualitas produk dan pelayanan terhadap konsumen sehingga konsumen mendapatkan pengalaman terbaik saat mengkonsumsi produk UMKM DHC dan berujung pada meningkatnya rasa percaya konsumen terhadap produk.

English Abstract

The popularity of Instagram has caused many business actors to start using Instagram in their marketing activities. DHC MSMEs is a business engaged in the food industry. DHC MSMEs uses Instagram social media to promote their products and reach more consumers. Based on research conducted by Artaya & Purworusmiardi (2019), states that there is a linear relationship between marketing and sales. However, if you look at Instagram DHC, the interactions that occur on Instagram social media still don't get a response from their followers where this interaction is an indicator of social media marketing, while sales are stagnant. In addition, based on previous research conducted by Hanaysha (2022) it is known that even though one of the SMM indicators has received less response, marketing still influences purchasing decisions because of consumers' feelings of security and trust in the product or what is commonly called brand trust. Therefore, this study aims to analyze the effect of social media marketing through Instagram on purchase intention and purchase decision, analyze the effect of purchase intention on purchase decision and analyze the effect of social media marketing on purchase decision through purchase intention, as well as analyze the influence of both with brand trust as moderating variable. This research uses a quantitative approach and is carried out at DHC MSMEs. The sampling technique used purposive sampling with a minimum number of respondents of 45 people with the criteria of respondent are social media active user, follows Instagram @daileehealthyclub, has purchased min 2x DHC’s product. Data collection was carried out using a questionnaire with a Likert scale measurement of five categories and analyzed using SEM-PLS with WarpPLS 8.0 software. The results of the study showed that social media marketing has a direct positive and significant effect on purchase intention but has no effect on purchase decisions, purchase intention has a positive and significant effect on purchase decisions, social media marketing has a positive and significant effect on purchase decisions through purchase intention, and brand trust significantly moderate the relationship of social media marketing to purchase intention but not significantly moderate the relationship of social media marketing to purchase decisions. Advice that can be given to DHC MSMEs, namely maintaining activity in uploading information via Instagram so that it is easier for consumers to find products according to their needs, increasing interaction on Instagram by holding giveaways, improving product quality and service to consumers so that consumers get the best experience when consuming DHC MSME products and leading to the increasing of a sense of trust in the product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username chikyta
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:48
Last Modified: 09 Jan 2024 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206534
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adinda Putri Kusherawati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item