Strategi Adopsi Digital Marketing dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran Umk Food And Beverage (F&B) Di Kota Malang : Pendekatan TOE (Technoloy – Organization – Environment) Framework

Tantri., Adinda Kusumaningdiah and Agustina Shinta Hw.,, MP and Dr. Silvana Maulidah,, SP.,MP (2023) Strategi Adopsi Digital Marketing dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran Umk Food And Beverage (F&B) Di Kota Malang : Pendekatan TOE (Technoloy – Organization – Environment) Framework. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini masyarakat telah berkembang akibat dari revolusi teknologi, yang didorong oleh peningkatan akses Internet dan meluasnya penggunaan perangkat seluler. Sehingga orang dapat dengan mudah menjelajahi dunia maya. Ini membuka berbagai peluang bagi bisnis, khususnya, untuk mendapatkan keuntungan dari transformasi digital tersebut (Patil et al, 2022). UMK saat ini merupakan bagian dari industri yang dikenal karena sifat usahanya yang padat karya dan minim modal. UMK telah berkontribusi 60% terhadap produk domestik bruto nasional dan 97% dalam penyerapan tenaga kerja di Indonesia (Direktorat Statistik Industri 2021). Peran yang besar dalam perkembangan ekonomi Indonesia, kinerja UMK selayaknya harus terus meningkat, tetapi kenyataannya peningkatan kinerja UMK masih terkendala sejumlah permasalahan, salah satunya adalah pemanfaatan teknologi digitalisasi pada sektor pemasaran. Keputusan mengadopsi digital marketing pada UMK ditentukan oleh banyak pertimbangan. Beberapa penelitian telah mencoba menjabarkan apa saja faktor yang menjadi penentu pelaku UMK untuk mengadopsi teknologi digital marketing. Salah satunya adalah teori TOE (Technology-Organization-Environment) yang dianggap telah teruji pada negara berkembang (Tornatzky dan Fleischer 1990). Fakta ini nyatanya juga terjadi pada UMK di Kota Malang. Berdasarkan data, terdapat sebanyak 5.687 (47%) UMK yang mengalami kesulitan dalam hal pemasaran dan hanya 6.066 (50%) UMK di Kota Malang yang memanfaatkan internet dalam kegiatan usaha mereka Berdasarkan pemaparan permasalahan penelitian yang diangkat, maka penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu sebagai berikut: (1) Mengidentifikasi penerapan marketing yang diterapkan UMK Food and Beverage (F&B) di Kota Malang, (2) Faktor yang mempengaruhi adopsi digital marketing (TOE theory) serta pengaruhnya terhadap kinerja pemasaran UMK Food and Beverage (F&B)di Kota Malang, (3) Merumuskan strategi digital marketing dengan menganalisis pengaruh adopsi digital marketing terhadap kinerja pemasaran UMK Food and Beverage (F&B) di Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian tentang adopsi digital marketing dan kinerja UMK dilakukan dengan uji statistik deskriptif, dan statistik inferensial. Penelitian mengambil sampel pada industri UMK yang ada di Kota Malang, Jawa Timur pada bulan Juli 2023. Pemilihan lokasi didasari oleh pertumbuhan UMK yang cukup pesat di Kota Malang tetapi hanya 50% yang memanfaatkan internet dalam usahanya. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 70 UMK untuk mencapai kekuatan statistik 80% untuk mendeteksi nilai R2 minimal 0,5 (dengan probabilitas kesalahan 5%) (Hair, 2014). Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model persamaan struktural (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini adalah (1) Mayoritas UMK di Kota Malang memanfaatkan pemasaran dengan cara mulut ke mulut (pemasaran konvensional) sebanyak 100% dan memanfaatkan sosial media (pemasaran digital) 96%. Dengan aplikasi yang banyak digunakan yaitu Gojek (60%), Grab (59%), Shopee (50%), Instagram (77%)v dan Whatsapp (93%). Penggunaan aplikasi tersebut didasari pada maraknya penggunaan di masyarakat. (2) Faktor-faktor yang membentuk adopsi digital marketing adalah faktor teknologi dan faktor lingkungan sedangkan faktor organisasi tidak signifikan , selain itu dapat diketahui juga adopsi digital marketing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran sebesar 73%. (3) Berdasarkan hasil penelitian, strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh pelaku UMK guna meningkatkan kinerja pemasaran adalah dengan pemanfaatan sosial media dan aplikasi penjualan untuk dapat memberikan informasi produk dan terkoneksi dengan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian, adapun saran yang dapat diberikan penulis adalah: Bagi pelaku UMK, dengan adanya potensi digital marketing yang besar dan terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pada penelitian ini, sehingga disarankan UMK dapat mengadopsi digital marketing untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Melalui pemanfaatan sosial media atau aplikasi penjualan yang relevan pada saat ini seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, Tokopedia, Shopee, Gojek, Grab dll. Bagi pemerintah, potensi digital marketing yang besar pada UMK harus dilihat oleh pemerintah. Pemerintah sebagai pengambil kebijakan dapat melakukan sosialisasi dan pelatihan yang berkaitan dengan pemanfaatan digital untuk pemasaran Sehingga semakin banyak UMK yang mengadopsi digital marketing maka akan semakin relevan dengan potensial konsumen saat ini dan dalam jangka waktu panjang akan meningkatkan perekonomian di Kota Malang. Bagi peneliti, lebih spesifik dalam mengurai faktor-faktor adopsi digital marketing terkhusus pada faktor organisasi yang pada penelitian ini tidak berpengaruh secara signifikan.

English Abstract

Today's society has evolved as a result of the technological revolution, driven by increased Internet access and the widespread use of mobile devices. So people can easily explore the virtual world. This opens up various opportunities for businesses, in particular, to benefit from digital transformation (Patil et al, 2022). MSEs are currently part of an industry that is known for its labor-intensive and low-capital nature. MSEs have contributed 60% to the national gross domestic product and 97% to employment in Indonesia (Directorate of Industrial Statistics 2021). With a large role in Indonesia's economic development, the performance of MSEs should continue to improve, but in reality, improving the performance of MSEs is still constrained by several problems, one of which is the use of digitalization technology in the marketing sector. The decision to adopt digital marketing in MSEs is determined by many considerations. Several studies have tried to describe what factors determine MSE actors to adopt digital marketing technology. One of them is the TOE (Technology-OrganizationEnvironment) theory which is considered to have been tested in developing countries (Tornatzky and Fleischer 1990). This fact also happened to MSEs in Malang City. Based on the data, there are 5,687 (47%) MSEs that experience difficulties in marketing and only 6,066 (50%) MSEs in Malang City that utilize the Internet in their business activities. Based on the explanation of the research problems raised, this research has several objectives, namely as follows: (1) Identify the marketing application applied by Food and Beverage (F&B) MSEs in Malang City, (2) Factors that influence the adoption of digital marketing (TOE theory) and its effect on the marketing performance of Food and Beverage (F&B) MSEs in Malang City, (3) Formulating digital marketing strategies by analyzing the effect of digital marketing adoption on the marketing performance of Food and Beverage (F&B) MSEs in Malang City. The approach used in this research is a quantitative approach. Research on digital marketing adoption and MSE performance was conducted with descriptive statistical tests and inferential statistics. The research took samples from the MSE industry in Malang City, East Java in July 2023. The location selection was based on the rapid growth of MSEs in Malang City but only 50% utilize the internet in their business. This study used a sample of 70 MSEs to achieve 80% statistical power to detect an R2 value of at least 0.5 (with a 5% probability of error) (Hair, 2014). While the data analysis method used in this research is structural equation modeling (SEM) analysis using SmartPLS software. The results of this study are (1) The majority of MSEs in Malang City utilize wordof-mouth marketing (conventional marketing) as much as 100% and utilize social media (digital marketing) 96%. With applications that are widely used, namely Gojek (60%), Grab (59%), Shopee (50%), Instagram (77%), and Whatsapp (93%). The use of these applications is based on their widespread use in the community. (2) The factors that shape the adoption of digital marketing are technological factors and environmental factors while organizational factors are not significant, besides that it can also be seen that the adoption of digital marketing has a significant effect on marketing performance by 73%. (3) Based on the research results, the marketing strategy that can be carriedvii out by MSE actors to improve marketing performance is to utilize social media and sales applications to be able to provide product information and connect with consumers. Based on the research results, the suggestions that can be given by the author are: For MSE actors, with the great potential of digital marketing and proven significant effect on marketing performance in this study, it is recommended that MSEs can adopt digital marketing to improve marketing performance. Through the use of social media or sales applications that are relevant at this time such as Instagram, Whatsapp, Facebook, Tokopedia, Shopee, Gojek, Grab, etc. For the government, the great potential of digital marketing in MSEs must be seen by the government. The government as a policy maker can conduct socialization and training related to the use of digital marketing so that the more MSEs that adopt digital marketing, the more relevant it will be to current consumer potential, and in the long run it will improve the economy in Malang City. For researchers, be more specific in parsing the factors of digital marketing adoption, especially on organizational factors which in this study did not have a significant effect.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042304
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Tanaman, Fakultas Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username chikyta
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:38
Last Modified: 09 Jan 2024 06:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206520
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ADINDA KUSUMANINGDIAH TANTRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item