Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Konsumen Produk Sayur Hidroponik di Graha Ponik Pakisaji, Kab. Malang.

Rahmadanti, Adinda Indira Diva and Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA (2023) Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Konsumen Produk Sayur Hidroponik di Graha Ponik Pakisaji, Kab. Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Instagram menjadi salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna di Indonesia mencapai 109,3 juta pengguna. Daya tarik Instagram adalah fungsi dan fitur-fitur yang dimiliki pada Instagram dapat membantu pelaku usaha salah satunya dalam melakukan promosi. Media sosial Instagram digunakan oleh pengusaha sayur selada hidroponik di Graha Ponik Pakis Aji, Kab. Malang; untuk memudahkan masyarakat megetahui dan mengenalkan produk dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran media sosial Instagram terhadap minat konsumen di Graha Ponik, Pakis Aji. Hipotesis pada penelitian ini yaitu media sosial Instagram memiliki pengaruh terhadap minat konsumen dalam hal penyebaran informasi secara tidak langsung dan menganalisis indikator media sosial Instagram dalam menarik minat konsumen. Metode penelitian yang dilakukan di Graha Ponik melakukan penyebaran kuesioner secara online menggunakan Google Form dengan jumlah 65 orang responden pada bulan November hingga Desember 2022. Aalisis yang digunakan ialah Analisis Linier Sederhana dengan teknik uji analisis yaitu Teknik Uji Instrumen (uji realibilitas dan uji validitas), Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas dan Uji Linearitas), dan Uji Hipotesis (Uji T). Berdasarkan uji validitas diperoleh nilai r tabel 0,244 yang berarti bahwa setiap pertanyaan pada kuesioner tersebut dikatakan valid. Nilai r hitung dengan Alpha Cornbach pada uji Reabililitas untuk variabel X (0,882) dan Y (0,870, menunjukkan bahwa kedua varibel tersebut reliabel dengan kategori tingkat ke akuratan tinggi. Uji normalitas menunjukkan antara variabel media sosial Instagram dan variabel minat konsumen nilai residual berdistribusi normal (0,200 ≥ 0,05). Uji linearitas menunjukkan pegaruh media sosial Instagram terhadap minat beli konsumenn sayur terdapat hubungan yang linier secara signifikan (0,9 ≥ 0,05). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa media sosial Instagram (X) memilikivii hubungan atau pengaruh terhadap minat beli konsumen (Y) yang di jadikan dalam bentuk koefisien determinasi sebesar 53,6%. Nilai uji t hitung (8,525) > t tabel (1,999) dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05; maka dinyatakan H1 diterima, dengan demikian dapat diartikan bahwa media sosial Instagram memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat konsumen sayur selada hidroponik di Graha Ponik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media sosial Instagram memiliki pengaruh signifikan terhadap minat konsumen sayur selada hidroponik di Graha Ponik, Pakisaji, Malang. Indikator media sosial Instagram Context lebih baik bila dibandingkan dengan 3 indikator lainnya karena memiliki cara dalam menyampaikan suatu pesan atau informasi mengenai produk sangat baik, membagikan informasi yang mudah dipahami dan jelas, konteks yang dibagikan sesuai dengan unggahan, postingan yang menarik dari segi warna, gambar presisi, dan kualitas foto dan video yang sangat baik sehingga dapat menarik minat konsumen Disarankan perlunya peningkatan indikator media sosial Instagram Connection pada akun media sosial Instagram Graha Ponik dengan cara melakukan interaksi yang lebih baik dalam membangun hubungan antara pemilik dengan pelanggan dan calon pelanggan dalam bentuk memberikan informasi yang lebih sering agar Graha Ponik salalu di ingat oleh pelanggan dan calon pelanggan dalam penjualan sayur selada hidroponik yang berada di Malang dan untuk meningkatkan minat konsumen.

English Abstract

Instagram is one of the social media that has many users in Indonesia, reaching 109.3 million users. The attractiveness of Instagram is that the functions and features it has on Instagram can help businesses, one of which is promotion. Instagram social media is used by hydroponic lettuce entrepreneurs at Graha Ponik Pakis Aji, Kab. Poor; to make it easier for people to know and introduce products with a wider market reach. This study aims to describe the role of Instagram social media on consumer interest in Graha Ponik, Pakis Aji. The hypothesis in this study is that Instagram social media has an influence on consumer interest in terms of indirectly disseminating information and analyzing Instagram social media indicators in attracting consumer interest. The research method carried out at Graha Ponik was distributing questionnaires online using Google Forms with a total of 65 respondents from November to December 2022. The analysis used was Simple Linear Analysis with analytical test techniques, namely Instrument Test Techniques (reliability test and validity test), Classical Assumption Test (Normality Test and Linearity Test), and Hypothesis Test (T Test). In the validity test, the value of r count 1 > r table is 0.244, which means that each question in the questionnaire is said to be valid. The value of r calculated with Alpha Cornbach in the reliability test for variables X (0.882) and Y (0.870, indicating that the two variables are reliable with a high level of accuracy. The normality test shows that between Instagram social media variables and consumer interest variables the residual values are normally distributed ( 0.200 ≥ 0.05) The linearity test shows that the influence of social media Instagram on buying interest in vegetable consumers has a significant linear relationship (0.9 ≥ 0.05). Social media Instagram (X) has a relationship or influence on consumer buying interest (Y) which is made in the form of a coefficient of determination of 53.6%.T test value (8.525) > t table (1.999) with a significance level of 0.001 <0.05; then it is stated that H1 is accepted, thus it can be interpreted that Instagram socialiii media has a significant positive influence on consumer interest in hydroponic lettuce at Graha Ponik. The conclusion of this study is that social media Instagram has a significant influence on consumer interest in hydroponic lettuce at Graha Ponik, Pakisaji, Malang. The Instagram Context social media indicator is better when compared to the other 3 indicators because it has a very good way of conveying a message or information about a product, sharing information that is easy to understand and clear, context that is shared according to the upload, posts that are interesting in terms of color, images precision, and excellent photo and video quality so as to attract consumer interest It is suggested that there is a need to increase the Instagram Connection social media indicator on the Instagram Graha Ponik social media account by doing better interactions in building relationships between owners and customers and potential customers in the form of providing more intense information so that Graha Ponik is always remembered by customers and potential customers in selling hydroponic lettuce in Malang and to increase consumer interest

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username chikyta
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:28
Last Modified: 09 Jan 2024 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206514
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ADINDA INDIRA DIVA RAHMADANTI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item