Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Terhadap Ekuitas Merek dan Keputusan Pembelian Layanan OnDemand Delivery grabExpress dalam Pengiriman Makanan Mudah Rusak di Jabodetabek

Azzahra, Adinda Fatimah and Prof. Dr. Ir. Kliwon Hidaya, MS and Medea Ramadhani Utomo,, SP., M.Si (2023) Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Terhadap Ekuitas Merek dan Keputusan Pembelian Layanan OnDemand Delivery grabExpress dalam Pengiriman Makanan Mudah Rusak di Jabodetabek. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masyarakat pada kota-kota besar di Indonesia mengalami perubahan gaya hidup dengan adanya kemajuan teknologi. Gaya hidup serba cepat menimbulkan keinginan masyarakat dalam memenuhi segala kebutuhannya secara instan. Hal ini membuat banyak perusahaan beradaptasi dengan memanfaatkan keberadaan teknologi dalam era digital. Salah satunya layanan on-demand delivery dalam pengiriman makanan mudah rusak. Keberadaan layanan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara cepat dengan efisiensi waktu dan kemudahan pengiriman dari mana saja. GrabExpress merupakan salah satu layanan on-demand delivery yang mempromosikan keunggulan waktu dalam pengiriman makanan mudah rusak melalui jenis layanan instant atau same-day delivery. Persaingan yang timbul antar pemain dalam industri ini menyebabkan GrabExpress sulit dalam menjangkau jumlah pengguna yang lebih banyak. Mengingat banyak layanan on-demand delivery dengan klaim pengiriman yang cepat, aman, dan nyaman. Pemahaman konsumen yang tidak menyeluruh menyebabkan konsumen memilih layanan ondemand delivery yang lebih dikenal dan pernah digunakan sebelumnya. Hal ini menyebabkan GrabExpress sebagai layanan on-demand delivery perlu melakukan komunikasi pemasaran untuk membangun ekuitas merek sehingga meningkatkan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan komunikasi pemasaran terpadu (IMC) pada layanan on-demand delivery GrabExpress dan menganalisis pengaruh variabel komunikasi pemasaran terpadu (IMC) terhadap ekuitas merek, dan keputusan pembelian pada layanan on-demand delivery GrabExpress. Lokasi penelitian yang digunakan adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dengan jumlah minimal responden yaitu 110 responden. Teknik penentuan responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cohen sampling dengan purposive sampling yang termasuk ke dalam nonprobability sampling. SEM-PLS dengan program WrapPLS dan analisis deskriptif adalah teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis SEM-PLS digunakan untuk melihat pengaruh dan signifikansi antar variabel dalam penelitian ini. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan penerapan komunikasi pemasaran terpadu (IMC) pada layanan on-demand delivery GrabExpress serta mendeskripsikan komunikasi pemasaran terpadu (IMC), ekuitas merek, dan keputusan pembelian layanan on-demand delivery GrabExpress.ii Hasil penelitian menunjukkan bahwa GrabExpress sebagai layanan ondemand delivery telah menerapkan komunikasi pemasaran terpadu melalui berbagai saluran seperti iklan digital dan non-digital, pemasaran langsung dan pemasaran digital, serta promosi penjualan. Hasil deskripsi masing-masing variabel secara keseluruhan yang didapatkan termasuk ke dalam kategori cukup baik. Hasil ini dapat diartikan bahwa komunikasi pemasaran terpadu (IMC) yang diterapkan, ekuitas merek, serta keputusan pembelian layanan on-demand delivery GrabExpresss sudah cukup besar pada konsumen. Hasil analisis SEM-PLS menunjukkan bahwa variabel komunikasi pemasaran terpadu (IMC) berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek layanan on-demand delivery GrabExpress, variabel komunikasi pemasaran terpadu (IMC) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian layanan on-demand delivery GrabExpress, dan variabel komunikasi pemasaran terpadu (IMC) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh ekuitas merek layanan on-demand delivery GrabExpress, Saran yang dapat diberikan bagi layanan on-demand delivery GrabExpress yaitu untuk dapat meningkatkan intensitas promosi penjualan dan meningkatkan komunikasi mengenai keunikan atau keunggulan yang dimiliki agar dapat memenangkan persaingan dalam industri layanan on-demand delivery. Selain itu, layanan on-demand delivery GrabExpress dapat meningkatkan komunikasi pemasaran terpadu (IMC) dengan memberikan kupon (voucher) dan potongan harga dengan frekuensi penyebaran informasi yang lebih tinggi. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian selanjutnya adalah pengembangan indikator yang digunakan untuk mengukur pengaruh dari komunikasi pemasaran terpadu (IMC) terhadap ekuitas merek dan keputusan pembelian dan memperluas penelitian dalam beberapa lokasi dengan jenis pengiriman barang yang lebih spesifik untuk komoditas tertentu serta meningkatkan jumlah responden.

English Abstract

Communities in big cities in Indonesia are experiencing lifestyle changes with technological advances. The fast-paced lifestyle raises people's desire to meet all their needs instantly. This has made many companies adapt by taking advantage of the existence of technology in the digital era. One of them is the on-demand delivery service for the delivery of perishable food. The existence of this service is expected to meet consumer needs quickly with time efficiency and ease of delivery from anywhere. GrabExpress is an on-demand delivery service that promotes time efficiency in the delivery of perishable food through instant or same-day delivery services. The competition that arises between players in this industry makes it difficult for GrabExpress to reach a larger number of users. Given the many ondemand delivery services with fast, safe, and convenient delivery claims. Incomplete consumer understanding causes consumers to choose on-demand delivery services that are already known and have been used before. This causes GrabExpress, as an on-demand delivery service, to carry out marketing communications to build brand equity to increase consumers' purchasing decisions. The purpose of this study is to describe the implementation of integrated marketing communications (IMC) on GrabExpress on-demand delivery services and analyze the influence of integrated marketing communications (IMC), brand equity, and purchasing decisions on GrabExpress on-demand delivery services. The research locations used were Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi (Jabodetabek) with a minimum number of respondents of 110 respondents. The respondent determination technique used in this study was Cohen sampling with purposive sampling, which is included in non-probability sampling. SEM-PLS with the WrapPLS program and descriptive analysis is the data analysis technique used in this study. SEM-PLS analysis was used to see the influence and significance of the variables in this study. Descriptive analysis was used to describe the application of integrated marketing communications (IMC) to GrabExpress ondemand delivery services and to describe integrated marketing communications (IMC), brand equity, and purchasing decisions for GrabExpress on-demand delivery services. The research results obtained show that GrabExpress, as an on-demand delivery service, has implemented integrated marketing communications through various channels such as digital and non-digital advertising, direct marketing and digital marketing, and sales promotions. The results of the description of eachiv variable are included in the pretty good category. These results can be interpreted as indicating that the integrated marketing communications (IMC) applied, brand equity, and purchasing decisions for GrabExpress on-demand delivery services are quite large for consumers. The results of the SEM-PLS analysis show that the integrated marketing communications (IMC) variable has a significant effect on the brand equity of GrabExpress on-demand delivery services, the integrated marketing communications (IMC) variable has no significant effect on the purchasing decision of GrabExpress on-demand delivery services, and integrated marketing communications (IMC) variables have a significant effect on purchasing decisions mediated by GrabExpress on-demand delivery service brand equity. Suggestions that can be given for the GrabExpress on-demand delivery service are to be able to increase the intensity of sales promotions and improve communication regarding their uniqueness or advantages to win the competition in the on-demand delivery service industry. In addition, the GrabExpress on-demand delivery service can enhance integrated marketing communications (IMC) by providing coupons (vouchers) and price discounts with a higher frequency of information dissemination. Suggestions that can be given for further research include developing indicators used to measure the effect of integrated marketing communications (IMC) on brand equity and purchasing decisions, expanding research in several locations with more specific types of goods delivery for certain commodities, and increasing the number of respondents

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username chikyta
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:23
Last Modified: 09 Jan 2024 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206507
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adinda Fatimah Azzahra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item