Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Sekolah Penggerak Tahap Pertama (Studi pada SD Negeri Banjaran 3 Kota Kediri),

Fransiska, Denis Alfa and Dr Drs. Tjahjanulin, MS and Abd. Qadir Muslim, S.Pd.I., M.Pd (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Sekolah Penggerak Tahap Pertama (Studi pada SD Negeri Banjaran 3 Kota Kediri),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rendahnya tingkat kemampuan belajar dan fenomena learning loss pasca pandemi COVID-19 yang dialami oleh peserta didik di indonesia mendorong adanya perubahan terhadap kurikulum. Program yang dicanangkan adalah program sekolah penggerak dan kebijakan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka. Salah satu sekolah yang melaksanakan program sekolah penggerak dan menerapkan implementasi kurikulum merdeka adalah SD Negeri Banjaran 3 Kota Kediri. Masih banyak perbedaan antara hasil kebijakan yang diharapkan dengan keadaan implementasi sesungguhnya di lapangan. Oleh karena itu penting untuk mengetahui gambaran mengenai bagaimana implementasi kurikulum merdeka sebagai suatu kebijakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Banjaran 3 Kota Kediri seerta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi yang dilaksanakan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan model George Edward III berdasarkan faktor disposisi, struktur organisasi, komunikasi dan sumberdaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas 2, 4 dan 5, orang tua peserta didik dan peserta didik itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri Banjaran 3 Kota Kediri telah berhasil melaksanakan implementasi kurikulum sebagai kebijakan dengan menerapkan faktor-faktor pengaruh keberhasilan implementasi berupa faktor komunikasi, faktor struktur birokrasi, faktor disposisi dan faktor sumberdaya yang dimiliki serta hasil implementasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar peserta didik berdasarkan data perbedaan rata-rata nilai rapor. Faktor pendukung yang ditemukan berupa aspek komunikasi yang digunakan, bantuan dana yang ada, serta sikap demokratis dan komitmen pelaksana kebijakan sedangkan, faktor penghambat yang ditemukan terdapat pada segi sarana prasarana dan refrensi pembelajaran.

English Abstract

The low level of learning ability and the phenomenon of learning loss experienced by students in Indonesia post the COVID-19 pandemic have prompted a need for changes to the curriculum. The initiated program is the "Sekolah Penggerak" program, along with the latest curriculum policy known as the "Kurikulum Merdeka" (Merdeka Curriculum). One of the schools implementing the "Sekolah Penggerak" program and adopting the "Kurikulum Merdeka" is SD Negeri Banjaran 3 in Kota Kediri. There are still significant differences between the expected policy outcomes and the actual implementation in the field. Therefore, it is important to understand the overview of how the "kurikulum merdeka" is implemented as a policy. The purpose of this research is to understand, describe, and analyze the implementation of the "Kurikulum Merdeka" at SD Negeri Banjaran 3 Kota Kediri and identify the supporting and inhibiting factors in the implementation. In this study, the researcher utilizes the George Edward III model, focusing on factors such as disposition, organizational structure, communication, and resources. The research adopts a qualitative approach with a descriptive method, using data collection techniques such as observation and interviews. The subjects of the study include the school principal, Grade 2, 4, and 5 teachers, parents of students, and the students themselves. The research findings indicate that SD Negeri Banjaran 3 Kota Kediri has successfully implemented the curriculum as a policy by applying influential factors such as communication, bureaucratic structure, disposition, and available resources. The implementation resulted in improved student academic performance, as evidenced by the data on the difference in average report card scores. Supporting factors identified include the communication methods used, available financial assistance, as well as democratic attitudes and policy implementation commitment. Inhibiting factors are found in the aspects of infrastructure and learning reference materials.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030489
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan Pendidikan, Kurikulum Merdeka, Kurikulum, Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:43
Last Modified: 09 Jan 2024 06:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206432
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
DENIS ALFA FRANSISKA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item