Sukma S.Y, Dewi and Dr. Ir. Mochammad Rusli,, Dipl.Ing., and Dr. Ir. Bambang Siswojo,, M.T. (2023) Perancangan Parameter PI-Digital dengan Metode Modulus Optimum pada Direct Torque Control Motor Traksi Induksi Tiga Fasa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sesuai dengan perkembangan teknologi, pengontrolan motor induksi menjadi hal yang penting dalam bidang industri. Pengontrolan yang diinginkan adalah memperoleh respon kecepatan motor yang sesuai dengan setpoint. Penelitian ini menggunakan spesifikasi motor traksi induksi tiga fasa yang salah satu pemanfaatannya ada pada kereta cepat. Konstruksi motor yang kokoh dan sederhana, efisiensinya yang tinggi, perawatan yang mudah, dan ekonomis adalah keuntungan dalam penggunaan motor induksi tiga fasa. Penelitian ini menggunakan metode vektor kontrol langsung yang langsung mengatur switching inverter yaitu Direct Torque Control (DTC) pada software Simulink Matlab. Teknik switching yang digunakan adalah teknik Space Vector Modulation (SVM). Penelitian ini menggunakan kontroler PI dengan metode tuning Modulus Optimum (MO) pada speed control loop, torque control loop, dan flux control loop. Nilai parameter kontroler PI-Digital pada speed control loop yaitu Kp = 458,3, Ti = 0,5, dan Ki = 916,6. Nilai parameter kontroler PI-Digital pada torque control loop yaitu Kp = 1,2, Ti = 0,5, dan Ki = 2,4. Nilai parameter kontroler PI-Digital pada flux control loop yaitu Kp = 74,9, Ti = 0,49, dan Ki = 152,9. Penelitian ini telah mensimulasikan dan menganalisis respon dari rangkaian kontroler PI-Digital dengan metode tuning Modulus Optimum (MO) pada Direct Torque Control (DTC) motor traksi induksi tiga fasa pada kondisi tanpa beban torsi (zero/no load) yang menghasilkan respon output sesuai dengan spesifikasi desain yang ditentukan, dimana speed output 158,5 rad/s dengan settling time 0,17 second dan error steady state 0,9%. Serta pada kondisi beban torsi sebesar 100 N.m, 200 N.m, dan 300 N.m maka output yang dihasilkan dengan settling time nya semakin lama dengan penambahan waktunya sebesar 0,01 second
English Abstract
In accordance with technological developments, induction motor control is important in the industrial field. The desired control is to obtain a motor speed response that corresponds to the set point. This study uses the specifications of a three-phase induction traction motor, one of which is used in fast trains. Rugged and simple motor construction, high efficiency, easy maintenance, and economy are advantages in the use of three-phase induction motors. This study uses the direct control vector method which directly regulates the switching inverter, is Direct Torque Control (DTC) in Simulink Matlab software. The switching technique used is the Space Vector Modulation (SVM) technique. This study uses a PI controller with the Modulus Optimum (MO) tuning method on speed control loop, torque control loop, and flux control loop. The parameter values of the PI-Digital controller in the speed control loop are Kp = 458,3, Ti = 0,5, and Ki = 916,6. The parameter values of the PI-Digital controller in the torque control loop are Kp = 1,2, Ti = 0,5, and Ki = 2,4. The parameter values of the PI-Digital controller in the flux control loop are Kp = 74,9, Ti = 0,49, and Ki = 152,9. This study has simulated and analyzed the response of the PIDigital controller circuit with the Modulus Optimum (MO) tuning method on the Direct Torque Control (DTC) three-phase induction traction motor under zero/no load conditions which produces an output response in accordance with specified design specifications, where the output speed is 158.5 rad/s with a settling time of 0.17 seconds and a steady state error of 0.9%. As well as under torque load conditions of 100 N.m, 200 N.m, and 300 N.m, the output generated with the settling time is longer with an additional time of 0.01 second.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052307 |
Uncontrolled Keywords: | motor traksi induksi tiga fasa, Direct Torque Control (DTC), Space Vector Modulation (SVM), kontroler PI, Modulus Optimum (MO), simulink.three-phase induction traction motor, Direct Torque Control (DTC), Space Vector Modulation (SVM), PI controller, Modulus Optimum (MO), simulink |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Unnamed user with username pratiwi |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 03:47 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 01:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206429 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dewi Sukma S.Y.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |