Analisis Standar Belanja Pada Penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (Apbd) Berdasarkan Permendagri Nomor 21 Tahun 2011 Di Sekretaris Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Timur

Handoko, Indra Setyawan Dwi and Prof. Dr. Sutrisno,, SE., M.Si., Ak and Prof. Eko Ganis S,, SE., M.Com (Hons)., Ph.D (2014) Analisis Standar Belanja Pada Penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (Apbd) Berdasarkan Permendagri Nomor 21 Tahun 2011 Di Sekretaris Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi implementasi lokal sistem penyusunan anggaran pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia kementerian dalam negeri nomor 21 tahun 2011 dan standar analisis biaya serta mengidentifikasi proses pelaporan pertanggungjawaban sesuai peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2006 dan akuntansi pemerintahan standar. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode pemecahan masalah. Data dikumpulkan dari wawancara dengan dinas penyiaran setempat agen pemerintah. Penelitian ini menemukan bahwa kinerja berbasis lokal Penyusunan anggaran pemerintah perlu mempertimbangkan prinsip-prinsip penganggaran, seperti transparansi anggaran, akuntabilitas, disiplin, keadilan, efektivitas, dan efisiensi. Anggaran berbasis kinerja mengutamakan pencapaian atau hasil produktifitas. Anggaran pemerintah daerah yang disusun berdasarkan kinerja adalah indikasi bahwa pemerintah telah melakukan perubahan yang mengarah pada perbaikan dalam kualitas dan produktivitas layanan sosial. Kedua tujuan tersebut mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan kinerja kelembagaan Penyiaran Indonesia Sekretariat Komisi.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422020008
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:54
Last Modified: 09 Jan 2024 04:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206412
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Indra Setyawan Handoko.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item