Analisis Faktor Yang Menghambat Perkembangan Usaha Kecil Menengah Di Sektor Desain Grafis (Studi Kasus Generasi Milenial Terdidik)

Shalih, Hafidz Ash and Prof. Dr. Khusnul Ashar,, S.E.,M.A. (2023) Analisis Faktor Yang Menghambat Perkembangan Usaha Kecil Menengah Di Sektor Desain Grafis (Studi Kasus Generasi Milenial Terdidik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri Design grafis merupakan industry yang sangat menjanjikan dan sangat fleksible seiring dengan berkembangnya teknologi dan juga pengunaan social media di kalangan masyarakat. Berangkat dari hal tersebut, didapati usaha-usaha kecil menengah yang bergerak di bidang design grafis khususnya para milenial sehingga menimbulkan besarnya persaingan pasar. Hal ini mengakibatkan banyaknya usaha design grafis yang tidak mampu berkembang atau bahkan mengalami kemunduran. Namun dibalik tingginya persaingan pasar tersebut, masih terdapat banyak usaha design grafis yang tetap mampu menjaga eksistensinya atau bahkan berkembang. Berangkat dari hal tersebut, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat perkembangan usaha design grafis. terdapat 6 faktor yang dapat menghambat perkembangan usaha yaitu faktor Sumber Daya Manusia (SDM), Faktor Perencanaan, Faktor Pemasaran dan Penjualan, Faktor Manajemen Bisnis, Modal Usaha, dan Bantuan Pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Berdasarkan analisis hasil/temuan dilapangan, dapat peneliti simpulkan bahwa ada 5 faktor yang menghambat perkembangan usaha design grafis khususnya milenial sektor, yaitu faktor Sumber Daya Manusia (SDM), Faktor Perencanaan, Faktor Pemasaran dan Penjualan, Faktor Manajemen Bisnis, Modal Usaha Sementara untuk bantuan pemerintah diangap tidak berpengaruh. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengambil kebijakan bagi pemilik usaha design grafis khususnya di milenial sector untuk meningkatkan perkembangan usahanya dan dapat pula dijadikan sebagai pembelajaran bagi para calon wirausaha khususnya dalam bidang design grafis.

English Abstract

The graphic design industry is a very promising and very flexible industry along with the development of technology and also the use of social media among the public. Departing from this, it was found that small and medium enterprises engaged in graphic design, especially millennials, caused great market competition. This has resulted in many graphic design businesses that are unable to develop or even regress. But behind the high market competition, there are still many graphic design businesses that are still able to maintain their existence or even develop. Departing from this, the purpose of this research is to determine the factors that hinder the development of graphic design businesses. There are 6 factors that can hinder business development, namely Human Resources (HR) factors, Planning Factors, Marketing and Sales Factors, Business Management Factors, Venture Capital, and Government Assistance. This study used qualitative descriptive analysis method with data collection techniques through interviews. Based on the analysis of results / findings in the field, researchers can conclude that there are 5 factors that hinder the development of graphic design businesses, especially the millennial sector, namely Human Resources (HR) factors, Planning Factors, Marketing and Sales Factors, Business Management Factors, Business Capital While government assistance is considered influential. The results of this study can be used as a basis for taking policies for graphic design business owners specifically for the millennial sector to improve their business development and can also be used as a learning for prospective entrepreneurs, especially in the field of graphic design.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020578
Uncontrolled Keywords: Design Grafis, UMKM, Milenials
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:26
Last Modified: 09 Jan 2024 02:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206359
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hafidz Ash Shalih.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item