Febriyanto, Gilang and Ananto Basuki,, SE., MM., CMA. (2023) Pengaruh E-Wom, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pelanggan Video On Demand Netflix Pada Mahasiswa Di Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam penelitian ini membahas bagaimana pengaruh dari EWOM, citra merek, dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian, namun tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti yang juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh EWOM, citra merek, dan kepercayaan merek terhadap keputusan berlangganan Netflix pada mahasiswa Universitas Brawijaya. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian causal research. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 pelanggan Netflix dengan penyebaran kuesinoner dilakukan secara online menggunakan google form dan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa EWOM, citra merek, dan kepercayaan merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berlangganan Netflix pada mahasiswa di Universitas Brawijaya Malang. Pada penelitian ini, variabel citra merek paling berpengaruh pada keputusan pembelian. Maka dapat disimpulkan bahwa citra merek yang dibangun oleh Netflix memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan keputusan pembelian.
English Abstract
This research discusses how eWOM, brand image, and brand trust influence purchase decision although it is undeniable that there are other variables not examined in this study which also affect purchase decision. The objective of this study is to identify the effects of eWOM, brand image, and brand trust on the decision of Universitas Brawijaya students to subscribe Netflix’s service. The sample of this quantitative causal research is 100 Netflix users, selected through purposive sampling technique. The research data was harvested from online questionnaires using Google Forms and was analyzed using multiple linear regression in SPSS 25. This study finds that eWOM, brand image, and brand trust significantly affect the decision of Universitas Brawijaya students to subscribe Netflix’s service. Further, brand image was found to be the most influential among the three aforementioned variables. Hence, it can be concluded that brand image created by Netflix plays a crucial role in enhancing purchase decision.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | :0523020576 |
Uncontrolled Keywords: | EWOM, Citra Merek, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian, Netflix |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 02:08 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 02:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206342 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gilang Febriyanto.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |