Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, Juni 2023, Analisis Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening terhadap Purchase Intention (Studi Kasus UMKM Bagoplek Malang),

Putri, Melissa Angelina and Ir. L. Tri Wijaya Nata Kusuma, ST., MT., Ph. D. (2023) Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, Juni 2023, Analisis Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening terhadap Purchase Intention (Studi Kasus UMKM Bagoplek Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bagoplek merupakan UMKM kuliner yang berdiri sejak Februari 2020, dimana Bagoplek menjual produk berupa bakso goreng. UMKM Bagoplek memiliki beberapa permasalahan terkait fluktuasi data permintaan yang tidak ideal, trust issues owner Bagoplek terhadap penggunaan social media marketing, persaingan yang ketat dari kompetitor UMKM kuliner sejenis, kekurangan tenaga SDM dalam mengelola strategi pemasaran, kemudian hasil kuesioner terbuka menunjukkan tingkat brand awareness yang rendah, sehingga diperlukan evaluasi terkait strategi pemasaran Bagoplek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan brand awareness terhadap purchase intention. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dan explanatory research. Populasi yang digunakan merupakan jumlah pembeli produk bakso goreng Bagoplek. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dimana untuk kriteria responden merupakan pengikut Instagram Bagoplek, minimal melakukan 3 kali transaksi pembelian produk, dan berdomisili di Indonesia. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Lemeshow, yaitu sebanyak 100 sampel. Berdasarkan pengujian statistik didapatkan persamaan regresi, yaitu Y = 3,370 + 0,066X1 + 0,289X2, dan hasil uji t, nilai thitung untuk variabel social media marketing sebesar 2,028 dengan nilai signifikansi sebesar 0,045, sedangkan variabel brand awareness memiliki nilai thitung sebesar 4,958 dan nilai signifikansi sebesar 0,00. Hal ini menunjukkan pengaruh positif dan signifikan social media marketing dan brand awareness terhadap purchase intention. Oleh karena itu, rekomendasi yang dapat diberikan, yaitu peningkatan brand awareness dengan meningkatkan brand value yang tepat, melalui peningkatan kualitas produk, dan menciptakan tagline yang mudah diingat. Dapat dilakukan penambahan SDM di bidang pemasaran untuk mengelola sosial media, menciptakan konten yang kredibel, berkualitas, dan sesuai dengan segmentasi pasar. Bagoplek dapat meningkatkan keaktifan dalam publikasi konten, serta disaat prime time. Bagoplek juga dapat merambah penggunaan sosial media lainnya seperti Tiktok, menciptakan online communities, melalui grup Whatsapp/Telegram untuk memudahkan interaksi dengan konsumen.

English Abstract

Bagoplek is a culinary MSME that was established in February 2020. Bagoplek sells a product called "bakso goreng" (fried meatballs). The MSME faces several issues, including fluctuating and non-ideal demand data, trust issues from the owner regarding the use of social media marketing, intense competition from similar culinary MSME competitors, a shortage of human resources in managing marketing strategies, and low levels of brand awareness according to an open-ended questionnaire. Therefore, an evaluation of Bagoplek's marketing strategies is needed. The purpose of this research is to determine the influence of social media marketing and brand awareness on purchase intention. The research is quantitative and explanatory in nature. The population used in the study consists of customers who purchase Bagoplek's fried meatballs. The sampling technique used is purposive sampling, where the criteria for respondents are Instagram followers of Bagoplek, having made at least 3 product purchases, and residing in Indonesia. The sample size is determined using the Lemeshow formula, which results in a sample size of 100. Based on statistical testing, a regression equation is obtained: Y = 3.370 + 0.066X1 + 0.289X2. The t-test results show that the t-value for the social media marketing variable is 2.028 with a significance value of 0.045, while the brand awareness variable has a t-value of 4.958 and a significance value of 0.00. This indicates a positive and significant influence of social media marketing and brand awareness on purchase intention. Therefore, the following recommendations can be given, such as improve brand awareness by enhancing the brand's value through product quality improvement and creating a memorable tagline. Increase marketing personnel to manage social media platforms, create credible and highquality content that aligns with market segmentation. Enhance activity in publishing content, particularly during prime time. Explore the use of other social media platforms like TikTok, create online communities, and establish communication channels such as WhatsApp/Telegram groups to facilitate interaction with consumers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052307
Uncontrolled Keywords: -
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:43
Last Modified: 09 Jan 2024 01:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206329
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item