Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan “Lemonilo” Rendah Kalori.

Irene, Lindsay and Wisynu Ari Gutama,, SP., MMA and Neza Fadia Rayesa,, S.TP., M.Sc (2023) Pengaruh Motivasi, Persepsi, dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan “Lemonilo” Rendah Kalori. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin serba instan memberikan pengaruh terhadap perubahan pada setiap aspek kehidupan terutama perubahan pola gaya hidup manusia dalam memilih makanan. Sebagian orang cenderung ingin mengonsumsi makanan yang cepat serta praktis penyajiannya, sehingga masyarakat mulai mengembangkan tren makanan cepat saji. Salah satu makanan cepat saji yang disukai oleh sebagian besar orang adalah produk mie instan. Indonesia pun menjadi salah satu negara dengan jumlah konsumsi mie instan terbesar di dunia. Hal ini membuat mie instan menjadi produk yang sering konsumsi oleh masyarakat meskipun seringkali mengabaikan kandungan yang kurang baik yang terdapat dalam mie instan dalam jangka panjang. Produk Lemonilo menjadi salah satu produk inovasi mie instan sehat yang mengklaim menggunakan bahan-bahan alami dengan kandungan kalori yang rendah, meskipun sebenarnya kandungan kalori pada produk tersebut memiliki perbedaan yang tidak begitu jauh dengan produk mie instan pada umumnya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana faktor psikologis konsumen berupa motivasi, persepsi, dan sikap mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk mie instan lemonilo. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan November 2022 menggunakan pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel responden menggunakan purposive sampling dengan jumlah sebanyak 100 responden dengan ketentuan responden berusia 20-50 tahun, berdomisili di DKI Jakarta, dan sudah pernah mengonsumsi produk mie instan Lemonilo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner secara online melalui google form. Metode yang digunakan dalam penelitan ini yaitu Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software WarpPLS 7.0 untuk menganalisis hubungan antar variabelnya. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu bahwa pada pengaruh motivasi terhadap keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai path coefficient sebesar 0,407 dan p-value <0,001. Persepsi terhadap keputusan pembelian berpengaruh secara positif dan signifikan dengan nilai path coefficient sebesar 0,258 dan p-value <0,001. Sikap terhadap keputusan pembelian berpengaruh secara positif dan signifikan dengan nilai path coefficient sebesar 0,350 dan p-value <0,001. Hal ini menunjukkan bahwa variabel motivasi, persepsi, dan sikap secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, serta variabel motivasi memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian.

English Abstract

The development of an era that is increasingly instantaneous has an influence on changes in every aspect of life, especially changes in human lifestyle patterns of choosing food. Some people tend to eat food that is fast and easy to serve, so people start to develop fast food trends. One of the fast food that is liked by most people is instant noodle products. Indonesia is also one of the countries with the largest amount of instant noodle consumption in the world. This makes instant noodles as a product which often consumed even though the bad ingredients that contained often ignored for a long term. Lemonilo product is one of the innovative healthy instant noodle products which claims to use natural ingredients with low calorie content, even though the calorie of this product is not that different from instant noodle products in general. Therefore, this research was conducted with the aim of finding out how consumer’s psychological factors in the form of motivation, perception, and attitude influence consumer’s purchasing decision for Lemonilo instant noodle products. This research was conducted from October to November 2022 using a quantitative approach. The sample of respondents was determined using purposive sampling with a total of 100 respondents and under the requirements which are aged 20-50 years, domiciled in DKI Jakarta, and have consumed Lemonilo instant noodles product. Data collection techniques were carried out using online questionnaires via Google form. The method used in this research was Structural Equation Modeling - Partial Least Square (SEM-PLS) with WarpPLS 7.0 software to analyze the relationship between variables. The research resulted that the influence of motivation on purchasing decision has a positive and significant effect with a path coefficient value of 0,407 and a pvalue <0,001. Perception of purchasing decision have a positive and significant effect with a path coefficient value of 0,258 and a p-value <0,001. Attitude towards purchasing decision have a positive and significant effect with a path coefficient value of 0,350 and a p-value <0,001. These results showed the variables of motivation, perception, and attitude partially have positive influence on purchasing decision, also motivational variables have a greater influence on purchasing decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username ismiatun
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:13
Last Modified: 09 Jan 2024 07:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206315
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lindsay Irene.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item