Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Sliced Beef Secara Online Melalui Platform E-Commerce

Ananda, Akbar Riza and Dr. Siti Azizah,, S.Pt, M.Sos, M.Commun. (2023) Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Sliced Beef Secara Online Melalui Platform E-Commerce. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya jumlah peminat daging sapi didukung oleh naiknya jumlah penduduk, pendapatan dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya kebutuhan protein hewani, serta pesatnya perkembangan teknologi dan penyebaran informasi yang cepat tentang produk sliced beef membuat para pelaku usaha memiliki peluang terbuka untuk memasarkan produknya lebih luas. Penggunaan platform e-commerce memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha dan konsumen untuk melakukan transaksi dan kegiatan jual beli. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor perilaku konsumen yang dapat memengaruhi proses keputusan pembelian agar para pelaku usaha dapat memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner tertutup dengan skala likert melalui media Google Form. Teknik penarikan sampel dilakukan secara random sampling, kriteria responden yang digunakan untuk penelitian ini adalah seorang yang pernah melakukan pembelian produk sliced beef melalui e-commerce. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik responden pada penelitian ini, antara lain berdasarkan jenis kelamin 52% perempuan, berdasarkan umur 65% berumur 17-25 tahun, berdasarkan pendidikan terakhir 61% adalah SMA, berdasarkan pekerjaan 61% adalah pelajar/mahasiswa, berdasarkan pendapatan perbulan 61% memiliki pendapatan < Rp 3.000.000, berdasarkan status pernikahan 69% belum menikah, berdasarkan frekuensi pembelian 67% membeli sebanyak 1-2 kali, dan berdasarkan platform e-commerce yang digunakan 41% adalah Shopee. Pada hasil analisis regresi linier berganda, uji t (parsial) menunjukkan bahwa faktor pribadi, faktor psikologis, dan faktor sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk sliced beef melalui platform e�commerce, namun faktor kebudayaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk sliced beef melalui platform e�commerce. Berdasarkan hasil uji F (simultan), faktor pribadi, faktor psikologis, faktor kebudayaan, dan faktor sosial memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap proses keputusan pembelian sliced beef melalui platform e-commerce. Proses keputusan pembelian produk sliced beef melalui e-commerce dapat dijelaskan oleh variabel faktor pribadi, faktor psikologi, faktor kebudayaan dan faktor sosial sebanyak 72,3% dan 27,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor�faktor perilaku konsumen meliputi faktor pribadi, faktor psikologis, faktor kebudayaan dan faktor sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian karena dapat dilihat dari rasa penasaran konsumen terhadap produk sliced beef dan kemudahan berbelanja secara online. Dengan demikian perilaku konsumen dapat dijadikan alat ukur untuk memprediksi proses keputusan pembelian. Faktor pribadi, faktor psikologis dan faktor sosial secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian, sehingga dapat menjadi alat ukur untuk memprediksi proses keputusan pembelian. Faktor kebudayaan secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk sliced beef melalui platform e-commerce dibuktikan dari hasil uji parsial.

English Abstract

This research was conducted to determine the factors of consumer behavior that can influence the purchasing decision process of sliced beef through e-commerce. In this study, data collection was carried out using a questionnaire. The questionnaire used in this study was a closed questionnaire with a Likert scale using Google Forms media. The sampling technique was carried out by random sampling, the conditions the respondents used for this study were those who had purchased sliced beef products through e-commerce. The number of samples in this study was 100 respondents. The results of this study indicate that the factors of consumer behavior which include personal factors, psychological factors, cultural factors, and social factors together have a significant influence on the purchasing decision process. This is due to consumer curiosity about sliced beef products and the ease of online shopping. This consumer behavior can be used as a measuring tool to predict purchasing decisions. Cultural factors partially have no significant effect on purchasing decisions of sliced beef products through e�commerce platforms as evidenced by the partial test results

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052305
Uncontrolled Keywords: Consumer, Purchasing, E-Commerce
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:48
Last Modified: 09 Jan 2024 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206310
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item