Nurhidayat, Febrian and Ainur Rofiq,, SE., S.kom., MM., Ph.D., CFP. and Dr. Agung Yuniarinto,, SE., MS, CMA. (2022) Implementasi Strategi Pemasaran Islami Dalam Pengembangan Bisnis Properti (Studi Pada Perumahan Cordova Residence Dan Samawa Land Di Kabupaten Probolinggo). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengungkapkan penerapan pemasaran Islami pada sistem pemasaran yang dilakukan oleh perumahan Cordova Residence dan Samawa Land; 2) untuk mengeksplorasi pelaksanaan konsep marketing Islami yang terdiri dari kejujuran (Siddiq), kepemimpinan (Imamah), cerdas (Fathonah), menjaga kepercayaan (Amanah), dan komunikatif (Tabligh) dalam kegiatan penjualan di perumahan Cordova Residence dan Samawa Land pada tahapan akad kontrak, proses pembangunan yang dijanjikan, hingga garansi yang diberikan; dan 3) untuk menginvestigasi manfaat yang dirasakan oleh konsumen atas implementasi strategi marketing Islami yang dilaksanakan oleh perumahan Cordova Residence dan Samawa Land. Jenis atau tipe penelitian kualitatif yang digunakan pada penelitian ini adalah Explanatory Research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam (indepth interview) dan dokumentasi. Penelitian kualitatif memiliki kriteria keabsahan data yang dilakukan dengan menguji empat kriteria yang dimiliki yaitu derajat kepercayaan atau kredibilitas (credibility), keteralihan (transferability), ketergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif atau lebih spesifik menggunakan model interaktif.
English Abstract
The objectives of this research are (1) to reveal the application of Islamic marketing in the marketing system implemented by two housing companies, i.e. Cordova Residence and Samawa Land, (2) to explore the administration of Islamic marketing concepts, i.e. honesty (siddiq), leadership (imamah), intelligence (fathonah), and good communication (tabligh), in selling activities conducted by the two companies during the stages of contract agreement, construction, and guarantee, and (3) to investigate benefits received by buyers from the implementation of Islamic marketing strategy applied by the companies. The data of this qualitative explanatory research was acquired form observations, in-depth interviews, and documentations. The validity criteria were fulfilled by assessing credibility, transferability, dependability, and confirmability. The data analyses were performed by applying the descriptive technique and, to be more specific, the interactive model.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0422020007 |
Uncontrolled Keywords: | strategy, Islamic marketing, property business, housing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:39 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206229 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
FEBRIAN NUR HIDAYAT.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |