Pengaruh Sertifikat Halal, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Restoran di Kota Malang (Studi Kasus: Konsumen Restoran Cepat Saji)

Musyaffa, Farhan and Aminullah Achmad Muttaqin,, S.HI., M.Sc.Fin (2023) Pengaruh Sertifikat Halal, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Restoran di Kota Malang (Studi Kasus: Konsumen Restoran Cepat Saji). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penduduk di Jawa Timur sebanyak 96,36% dari total jumlah penduduknya beragama Islam, yang artinya mayoritas penduduk di Jawa Timur adalah muslim. Kota Malang adalah salah satu kota yang terletak di Jawa Timur. Seiring perkembangan zaman banyak tren baru, salah satu dalam industry makanan seperti restoran cepat saji. Restoran cepat saji menjadi salah satu pilihan dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Keberagaman aktivitas yang dimiliki oleh setiap orang menjadikan makanan cepat saji ini merupakan solusi yang tepat. Penelitian ini bertujuan memahami bagaimana pengaruh yang diberikan dari sertifikat halal, harga dan kualitas produk pada keputusan pembelian pada restoran cepat saji yang berada di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Adapun metode analisis data memakai analisis regresi linear berganda dengan software SPSS. Hasil yang diperoleh menjelaskan secara simultan sertifikat halal, harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada restoran cepat saji di Kota Malang. Secara parsial sertifikat halal, harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada restoran cepat saji di Kota Malang.

English Abstract

The population in East Java, amounting to 96.36% of the total population, practices Islam, which means that the majority of the population in East Java are Muslims. Malang is one of the cities located in East Java. With the changing times, there are many new trends, including in the food industry, such as fast-food restaurants. Fast-food restaurants have become one of the choices for fulfilling daily food needs. The diversity of activities that each individual engages in makes fast food a suitable solution. This research aims to understand the influence of halal certification, price, and product quality on the purchasing decisions at fast-food restaurants in the city of Malang. This study is a quantitative research conducted using a questionnaire as the data collection method. The data analysis method involves multiple linear regression analysis using SPSS software. The results obtained explain that halal certification, price, and product quality, when considered together, have a significant impact on consumers' purchasing decisions at fast-food restaurants in Malang. Partially, halal certification, price, and product quality also individually have a significant impact on purchasing decisions at fast-food restaurants in Malang. Keywords: Halal Certificate, Price, Product Quality, Purchasing Decisions

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020565
Uncontrolled Keywords: Harga, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Sertifikat Halal
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:15
Last Modified: 08 Jan 2024 07:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206210
[thumbnail of Farhan Musyaffa.pdf] Text
Farhan Musyaffa.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farhan Musyaffa.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item