Analisis Perilaku Konsumen Pada Repeat Purchase Decision Dalam Transaksi Di E-commerce (Studi pada konsumen TOKOPEDIA)

Purba, Erwin Timoty Parluhutan and Dias Satria,, SE., M.App.EC., Ph.D. (2022) Analisis Perilaku Konsumen Pada Repeat Purchase Decision Dalam Transaksi Di E-commerce (Studi pada konsumen TOKOPEDIA). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menyelidiki perilaku konsumen serta proses pengambilan keputusan yang terjadi ketika melakukan transaksi pembelian melalui platform industri E-commerce. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami alasan mendasar mengapa konsumen membeli produk tertentu, seberapa banyak mereka bersedia membayar untuknya, serta dampak dari content marketing terhadap keterlibatan konsumen, loyalitas pelanggan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian mereka di Tokopedia melalui survei kuantitatif terhadap pengguna Tokopedia. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan survei yang dibagikan kepada 100 pelanggan Tokopedia yang telah menerima aktivitas content marketing dengan skala Likert 1-4. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang efektivitas content marketing dalam industri e-commerce dan memberikan wawasan bagi para praktisi untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Menurut penelitian, content marketing dapat meningkatkan perilaku repeat purchase dengan mempengaruhi consumer engagement dan customer loyalty secara positif. Studi ini juga memberikan kerangka kerja untuk mengevaluasi efektivitas content marketing dan menentukan jenis konten yang paling relevan bagi pengguna Tokopedia.

English Abstract

consumers when they make purchases in the E-commerce industry. The primary objective of this thesis is to focus on understanding the underlying reasons why consumers buy certain products, how much they are willing to pay for them as well as the impact of content marketing on consumer engagement, customer loyalty and what factors influence their purchasing decisions In Tokopedia, one of Indonesia's top e-commerce platforms through a quantitative survey of Tokopedia users. The research methodology involved a quantitative approach, with a survey distributed to 100 Tokopedia customers who have experienced content marketing activities with a Likert scale of 1-4. The research contributes to the understanding of content marketing effectiveness in the e-commerce industry and provides insights for practitioners to develop effective marketing strategies. According to the research, content marketing boosts repeat purchase behavior by favorably influencing consumer engagement and loyalty. The study also gives a framework for evaluating the efficacy of content marketing and determines the content kinds that Tokopedia's users respond to the best.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020563
Uncontrolled Keywords: Content Marketing; Customer Loyalty; Customer Engagement; Repeat Purchase; E-commerce Industry.
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:03
Last Modified: 08 Jan 2024 06:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206190
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Erwin Timothy P.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item