Hakimah, Ema Nurzainul and Prof. Dr. Armanu Thoyib,, S. E., M.Sc., and Prof. Dr. Dra. Noermijati,, M. T. M., CPHR., and Risna Wijayanti,, S. E., M. M., Ph.D., (2023) Perilaku dan Pola Pemasaran Ritel Tradisional Pada Masyarakat Kediri Etnis Jawa Mataraman. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ritel tradisional yang akan terus berusaha bertumbuh, bertahan, bersaing, dan bersanding dengan ritel modern berskala nasional maupun internasional secara fakta tetap menjadi tempat favorit berbelanja dan menjadi pilihan masyarakat berwiraswasta. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan memaknai perilaku pemasaran sehari-hari peritel dan pelanggan ritel radisional masyarakat Kediri etnis Jawa Mataraman, dan Menemukan pola pemasaran pada ritel tradisional masyarakat Kediri etnis Jawa Mataraman guna mengkontruksi teori pola pemasaran sebelumnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif Postpositivisme dengan pendekatan etnometodologi. Setelah menemukan perilaku-perilaku pemasaran berbasis budaya, dilakukan konstruksi teori pola pemasaran Kotler dan Amstrong (2016). Situs penelitian adalah ritel tradisional di Kelurahan Blabak Kota Kediri dan Desa Blabak Kandat Kabupaten Kediri. Informannya adalah kelompok peritel tradisional dan pelanggan etnis Jawa Mataraman yang menetap di Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perilaku peritel tradisional masyarakat Kediri etnis Jawa Mataraman mencerminkan implementasi dari nilai sosial budaya Jawa Mataraman humanisme dan kesalehan perilaku peritel, mendorong terciptanya pola pemasaran: jola joli, wis gowonen, nggenepne, dan adol titip. 2. Perilaku pelanggan ritel tradisional masyarakat Kediri etnis Jawa Mataraman dilandasi oleh nilai humanisme seduluran, mendorong terciptanya pola pemasaran: titip, nempil dan nyaur nggowo. 3. Pola pemasaran ritel tradisional masyarakat Kediri, yaitu: jola joli, adol titip, nyaur nggawa, welasan, ndadekne, podho mlakune, dan arisan sembako. Novelty teoritis dalam penelitian ini adalah perbedaan perspektif, prinsip dan filososi bisnis terciptanya pola pemasaran, yaitu pada pola pemasaran Kotler dan Amstrong pemasar berorientasi pada maksimalisasi laba sebagaimana ekonomi kapitalisme, maka terciptanya pola pemasaran ritel tradisional masyarakat Kediri etnis Jawa Mataraman yaitu berasal dari insiatif dan perspektif peritel dan pelanggan, dengan dasar filososi bisnis nilai humanisme Jawa Mataraman yaitu saling menguntungkan, menghormati, tenggang rasa, tolong menolong, empati, kebersamaan, dan kerukunan, dan nilai religiositas/ kesalehan perilaku ekonomi Jawa Mataraman saling mendoakan dan keikhlasan, dan berorientasi bisnis lebih utama pada non materi/ bukan laba semata-mata. Manfaat praktis dari pola pemasaran ritel tradisional masyarakat Kediri etnis Jawa Mataraman menunjukkan adanya akulturasi budaya Jawa Mataraman dan agama Islam, mendorong terciptanya perilaku dan iklim usaha saling mendukung dan kebersamaan yang saling menguntungkan (mutual supporting dan mutual commoning) dilandasi keikhlasan, saling mendoakan dan tulung ti nulung, dapat menjadi daya sanding bisnis ritel tradisional dan mendukung terciptanya kekuatan perekonomian sektor non formal Indonesia yang berkelanjutan.
English Abstract
The traditional retail that will always strive to grow, survive, compete, and go along with national and global-scaled modern retail is in fact still a favorite shopping choice and an appealing entrepreneurial field. The objectives of this study are to understand and interpret the daily marketing behaviors of retailers and retail customers in Kediri of Jawa Mataraman ethnicity and to identify the marketing pattern of traditional retailers in Kediri of Jawa Mataraman ethnicity in order to construct the previous marketing pattern theory. This qualitative postpositivist research uses ethnomethodological approach. After the culture-based marketing behaviors had been found, a construction was conducted using the marketing pattern theory of Kotler and Amstrong (2016). The research site is traditional retails in Blabak urban village of Kediri City and Blabak Kandat village of Kediri Regency. The informants are traditional retailer groups and customers who were born as Jawa Mataraman and live in Kediri. This study finds that, first, the behaviors of the traditional retailers in Kediri of Jawa Mataraman ethnicity reflect the implementation of Jawa Mataraman’s socio-cultural values of humanistic, pious, and supportive for the creation of marketing patterns such as jola joli, wis gowonen, nggenepne, and adol titip. Second, the behaviors of the traditional retail customers of Jawa Mataraman ethnic in Kediri are built upon the humanistic value of seduluran, which creates the marketing patterns of titip, nempil, and nyaur nggowo. Third, the marketing patterns of traditional retails in Kediri are jola joli, adol titip, nyaur nggowo, welasan, ndadekne, podho mlakune, and arisan sembako. The theoretical novelty of this research is differences in the perspective, principle, and philosophy of business that create marketing patterns. In Kotler and Amstrong’s marketing pattern, the marketers are oriented to profit maximization as believed by capitalistic economy, while the traditional retail’s marketing pattern of Kediri people from Jawa Mataraman ethnicity came from the initiatives and perspectives of both retailers and customers that were derived from the humanistic values of Jawa Mataraman’s business philosophies, i.e. mutual benefit, mutual respect, solidarity, mutual help, empathy, togetherness, and peace, and the religiosity and piety of Jawa Mataraman’s economic behaviors, i.e. praying for each other, being sincere, and promoting business that prioritizes non-material gain instead of profit. The practical benefit from the traditional retail’s marketing pattern of Jawa Mataraman people in Kediri indicates the acculturation between Jawa Mataraman culture and Islam, encourages mutual-supporting and mutual communing business behavior and climate on the bases of sincerity, mutual prayers, and mutual help. Those foundations can serve as the comparability of traditional retail business and as the supporter for the robustness of Indonesia’s non-formal economic sustainability.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Identification Number: | 0623020046 |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku pemasaran, Pola pemasaran, Ritel tradisional, Masyarakat Kediri Jawa Mataraman. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 05:46 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 05:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206187 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ema Nur Hakimah Manajemen.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (8MB) |
Actions (login required)
View Item |