Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Terhadap Pengangguran Di Pulau Jawa Tahun 2017-2021 (Studi Kasus Pada 119 Kabupaten/Kota)

Wilujeng, Dwi and Dr.rer.pol. Ferry Prasetiya, SE., M.App.Ec. (2023) Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Terhadap Pengangguran Di Pulau Jawa Tahun 2017-2021 (Studi Kasus Pada 119 Kabupaten/Kota). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pulau Jawa memberikan kontribusi terbesar bagi pendapatan nasional sehingga Pulau Jawa menjadi kawasan sentra perekonomian di Indonesia. Namun sayangnya kawasan dengan tingkat pendapatan atau pertumbuhan ekonomi yang tinggi tersebut justru memberikan sumbangsih pengangguran yang juga tinggi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), dan jumlah penduduk terhadap tingkat pengangguran di Pulau Jawa tahun 2017-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis data panel dengan pendekatan Fixed Effect Model. Hasil analisis data panel menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan dan negatif terhadap tingkat pengangguran, IPM tidak berpengaruh signifikan dan negatif pada tingkat pengangguran, variabel Upah Minimum Kabupaten/kota (UMK) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran, dan jumlah penduduk berpengaruh signifikan dan negatif terhadap tingkat pengangguran dan secara bersama-sama variabel pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) dan jumlah penduduk berpengaruh signifikan terhadap pengangguran di Pulau Jawa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020558
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengangguran; Pertumbuhan Ekonomi; Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:06
Last Modified: 08 Jan 2024 04:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206170
[thumbnail of DALAM AMSA EMBAGO] Text (DALAM AMSA EMBAGO)
Dwi Wilujeng.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item