Efektivitas Bimbingan Teknis Dalam Upaya Peningkatan Mutu Arsiparis (Studi Kasus di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram)

Putri, Asfi Andhini and Dr. Endah Setyowati, S.Sos, M.Si and Nurjati Widodo, S.AP, M.AP (2023) Efektivitas Bimbingan Teknis Dalam Upaya Peningkatan Mutu Arsiparis (Studi Kasus di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini, arsiparis tidak sepenuhnya dipegang oleh sumber daya manusia yang memiliki latar belakang yang sesuai. Hal ini dikarenakan masih sedikit arsiparis yang memiliki latar belakang pendidikan yang relevan. Sehingga diperlukan adanya penyesuaian kualitas sumber daya manusia melalui kegiatan bimbingan teknis. Dengan alasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan teknis yang berjalan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram serta untuk menganalisis efektivitas bimbingan teknis dalam upaya meningkatkan mutu arsiparis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dan melakukan wawancara dengan penyelenggara serta peserta bimbingan teknis dengan analisis data interaktif Miles (2014). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bimbingan teknis dilaksanakan empat kali dalam satu tahun dengan menggunakan dua metode yaitu on-the-job yang dilaksanakan dengan mengunjungi instansi dan off-the-job yang dilaksanakan dengan memberikan seminar. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan teknis ini secara umum telah memuaskan bagi peserta serta membantu peserta untuk lebih memahami materi yang diberikan. Bimbingan teknis juga telah mampu meningkatkan produktivitas kerja arsiparis serta meningkatkan kepercayaan diri. Kegiatan bimbingan teknis juga telah memberi dampak positif bagi organisasi seperti adanya penurunan tingkat ketidakhadiran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan bimbingan teknis telah berjalan dengan lancar dan kegiatan bimbingan teknis yang diadakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram telah efektif meningkatkan mutu arsiparis.

English Abstract

Archivist job are not held by human resources who have a background in a relevant education. It happened because there are still a few archivists who have a relevant background in records and archives. It needs an adjustment in human resource quality through a technical guidance. With reason stated before, this research aims to describe the execution of technical guidance in Institution of Archive and Library, Mataram City and also to analyze the effectivity of technical guidance in effort to increase the quality of archivist. This research uses a qualitative method with case-study. This research is done by interviewing organizer of the event and also participants. This research is analyzed with interactive data analyisis by Miles (2014). The result of this study shows that technical guidance is carried out four times a year and is done with two methods, on-the-job is by visiting an institution and off-the-job by giving a seminar. This study also shows that technical guidance has been proven satisfying for the archivists, increase knowledge, productivity, and confidence in doing the job. Technical guidance also has been proven to show a positive result for the organization. The conclusion of this study shows that the technical guidance has proceeded succesfully and also has proven effective to increase the quality of archivist.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030460
Uncontrolled Keywords: Bimbingan teknis, arsiparis, efektivitas, pengembangan sumber daya manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:14
Last Modified: 08 Jan 2024 07:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206169
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Asfi Andhini Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item