Analisis Kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang dalam Implementasi E-Government melalui Aplikasi Tangerang LIVE

Fadhilla, Arif and Mujibur Rahman Khairul Muluk, Dr., S.Sos., M.Si and Oscar Radyan Danar, S.AP., M.AP., Ph.D (2023) Analisis Kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang dalam Implementasi E-Government melalui Aplikasi Tangerang LIVE. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsep E-government menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan kualitas hidup dengan memaksimalkan pemanfaatan informasi dan teknologi dalam pemberian serta peningkatan efisiensi layanan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Kota Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika turut mengimplementasikan konsep tersebut ke dalam salah satu aplikasi layanan terintegrasi bernama Tangerang LIVE. Dalam berjalannya aplikasi tersebut terdapat beberapa kekurangan seperti fasilitas dan sumber daya manusia yang masih kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan Kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang beserta hambatan yang dihadapi dalam menjalankan Aplikasi Tangerang LIVE. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif berfokus kepada empat perspektif pengukuran kinerja menurut Kaplan dan Norton yaitu perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Metode analisis yang digunakan adalah teori Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dari perspektif finansial Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang memiliki kinerja yang baik dari segi efisiensi yang dihasilkan. Dari perspektif pelanggan memiliki capaian kinerja cukup baik dari pertumbuhan pengguna yang dihasilkan, namun berkinerja kurang baik karena masih terdapat masyarakat yang belum dapat merasakan manfaat dari aplikasi tersebut akibat kendala yang terjadi. Sedangkan, perspektif proses bisnis internal sudah memiliki kinerja yang baik apabila dilihat dari proses inovasi dan operasi yang dilakukan. Lalu, berdasarkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan juga dapat dikatakan baik apabila diukur dari ketersediaan fasilitas, loyalitas, dan kesempatan belajar dan bertumbuh.

English Abstract

The concept of e-government is an attempt that can be made to improve the quality of life by maximizing the use of information and technology in providing and increasing service efficiency and meeting community needs. Tangerang City, through the Office of Communication and Informatics, has also implemented this in an integrated service application called Tangerang LIVE. In running the application, facilities and human resources are inadequate. This study aims to analyze and describe the performance of the Tangerang City Communication and Informatics Service and the obstacles encountered in running the application. The method used in this study is descriptive with a qualitative approach focused on four perspectives on performance measurement according to Kaplan and Norton, are financial, customer, internal business process, and learning and growth perspectives. The analytical method used according to Miles and Huberman's theory consists of data reduction, data presentation, and conclusion. The results of the study show that from a financial perspective, Tangerang City Communication and Informatics has a good performance in terms of the resulting efficiency. From the perspective of customers, they have achieved quite good performance from the growth of users generated, but not performing well because there are people who are constrained and cannot feel the application's benefit. Meanwhile, the internal business process perspective already has good performance when viewed from the innovation process and operations carried out. Finally, the perspective of learning and growth is good, measured by the availability of facilities, loyalty, and opportunities to learn and grow.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030458
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, E-Government, Pengukuran Kinerja, Public Sector, Public Service
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:14
Last Modified: 08 Jan 2024 07:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206164
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Arif Fadhilla.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item