Ariefina, Zulfani and Prof. Dr. Kadarisman Hidayat, M.Si and Dewi Noor Fatikhah Rokhimakhumullah, S.E., M.SA., Ak (2023) Analisis Pengawasan Pajak Reklame dan Pajak Hiburan dalam Rangka Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah (Studi pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengawasan pajak reklame insidentil dan pajak hiburan insidentil (by event) merupakan fungsi yang sangat penting untuk mengoptimalkan penerimaan pajak daerah di Kabupaten Malang. Keefektifan pengawasan dapat ditentukan oleh bagaimana pengawasan itu dapat membantu karyawan dan manajer dalam mencapai tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi proses pengawasan pajak reklame insidentil dan pajak hiburan insidentil (by event) di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Malang. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara, studi kepustakaan, serta dokumentasi. Pada penelitian ini digunakan teori pengawasan Robbins dan Coulter (2016) sebagai landasan untuk mengukur pengawasan pajak reklame dan pajak hiburan di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Malang. Terdapat proses pengawasan dalam teori yang digunakan adalah penetapan standart (standards), membandingkan kegiatan dengan standart yang telah ditetapkan sebelumnya (compare), mengukur penyimpangan yang telah terjadi (measurement) serta mengambil tindakan koreksi (action). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengawasan pajak reklame insidentil sudah memiliki standar (standards), namun pengukuran (measurement) kinerjanya masih belum sesuai sehingga perbandingannya (compare) kinerja lebih rendah dari standar yang telah ditetapkan, jadi dalam melakukan tindakan (action) harus memperbaiki kinerja. Lalu pengawasan pajak hiburan juga sudah memiliki standar (standards) dan pengukurannya (measurement) juga belum sesuai, kemudian terdapat indikator yang belum sesuai dengan teori Robbins and Coulter (2016) yakni melakukan tindakan (action) karena masih terdapat beberapa kendala yang belum optimal. Berbagai upaya yang telah dilakukan Bapenda Kabupaten Malang agar pengawasan pajak reklame insidentil dan pajak hiburan (by event) lebih optimal. Tentunya upaya yang dilakukan oleh Kabupaten Malang masih melalui evaluasi dan penyempurnaan setiap tahunnya. Sehingga, tidak menutup kemungkinan akan ada upaya baru yang dilakukan.
English Abstract
Supervision of incidental advertising tax and incidental entertainment tax (by event) is a very important function to optimize regional tax revenues in Malang Regency. The effectiveness of supervision can be determined by how it can help employees and managers achieve goals. The aim of this research is to identify the monitoring process for incidental advertising tax and incidental entertainment tax (by event) at the Malang Regency Regional Revenue Agency. The method in this research is qualitative with a descriptive approach. Data collection was carried out by conducting interviews, literature study, and documentation. In this research, Robbins and Coulter's (2016) supervision theory is used as a basis for measuring supervision of advertising taxes and entertainment taxes at the Regional Revenue Agency of Malang Regency. There is a monitoring process in the theory used, namely setting standards, comparing activities with previously established standards (compare), measuring deviations that have occurred (measurement) and taking corrective action (action). The results of this research show that supervision of incidental advertising tax already has standards, but the performance measurement is still not appropriate so the performance comparison is lower than the standards that have been set, so in taking action you must improve performance. . Then entertainment tax supervision also has standards and the measurement is not appropriate, then there are indicators that are not in accordance with the theory of Robbins and Coulter (2016), namely taking action because there are still several obstacles that are not optimal. Various efforts have been made by the Malang Regency Bapenda to ensure that monitoring of incidental advertising tax and entertainment tax (by event) is more optimal. Of course, the efforts made by Malang Regency are still undergoing evaluation and improvement every year. So, it is possible that new efforts will be made.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030457 |
Uncontrolled Keywords: | Pengawasan, Pajak Reklame, Pajak Hiburan |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:13 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206151 |
Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Ariefina Zulfani.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |