Potensi Produk Kuliner Khas Dalam Menarik Wisatawan (Studi Pada Produk Kuliner “Asinan Bogor”)

Prayoga, Andi and Supriono, S.Sos., M. AB (2023) Potensi Produk Kuliner Khas Dalam Menarik Wisatawan (Studi Pada Produk Kuliner “Asinan Bogor”). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Asinan bogor merupakan produk kearifan lokal bercita rasa khas. Asinan bogor menjadi salah satu produk olahan kearifan lokal yang hadir di Kota Bogor. Pengembangan segi kreativitas dapat dilakukan pada produk kearifan lokal asinan bogor dalam mengikuti perkembangan zaman. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait pengembangan potensi asinan bogor dalam segi kreativitas dalam menarik wisatawan. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mengetahui dan memahami Asinan Bogor dapat menjadi produk kuliner kearifan lokal Kota Bogor, (2) Mengetahui bagaimana potensi pengembangan kreativitas Asinan Bogor, (3) Mengetahui dan menjelaskan dampak adanya produk kuliner kearifan lokal Asinan Bogor bagi daya tarik pariwisata di Kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa asinan bogor sebagai produk kearifan lokal tetap dipertahankan dan dijadikan sebagai warisan. Asinan bogor sebagai produk kuliner belum mendapat perhatian berdasarkan segi pengembangan kreativitas oleh pemerintah Kota Bogor. Produk kearifan lokal asinan bogor masih menjadi pilihan bagi wisatawan dalam berwisata kuliner di Kota Bogor. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah asinan bogor sebagai produk kearifan lokal bercita rasa khas dan legendaris, menjadi daya tarik tersendiri dalam menarik wisatawan. Kreativitas pada produk asinan bogor menjadi nilai lebih untuk produk kearifan lokal legendaris yang tetap mengikuti perkembangan zaman.

English Abstract

Asinan Bogor is a local culinary product known for its distinctive flavor. It is one of the locally crafted products found in the city of Bogor. Creative development can be implemented in the context of the local wisdom product Asinan Bogor to keep up with the changing times. This has prompted researchers to investigate the potential for developing Asinan Bogor in terms of creativity to attract tourists. The objectives of this research are as follows: (1) To understand and comprehend how Asinan Bogor can become a culinary product of local wisdom in the city of Bogor, (2) To explore the potential for creative development of Asinan Bogor, (3) To understand and explain the impact of the local wisdom culinary product Asinan Bogor on the tourism appeal of the city of Bogor. The findings of this research indicate that Asinan Bogor as a product of local wisdom, is being preserved and celebrated as a heritage. As a culinary product, Asinan Bogor has not received significant attention in terms of creative development from the Bogor city government. Asinan Bogor, a local wisdom product remains a choice for tourists seeking culinary experiences in the city of Bogor. In conclusion, the research suggests that Asinan Bogor as a product of local wisdom with its distinctive and legendary flavor possesses its own unique appeal in attracting tourists. Creativity in the development of Asinan Bogor adds value to this legendary local wisdom product, ensuring its relevance in the changing times.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030449
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Pariwisata, Produk Kearifan Khas, Asinan Bogor
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jan 2024 05:54
Last Modified: 08 Jan 2024 05:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206127
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
ANDI PRAYOGA.pdf
Restricted to Registered users only until 2025.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item