Pengaruh Media Sosial, Gaya Hidup Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ikan Koi Di Geisha Koi Farm Tulungagung

Mahrup, Vonny Dwi and Dr. Zainal Abidin,, S.Pi., MBA., MP (2023) Pengaruh Media Sosial, Gaya Hidup Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ikan Koi Di Geisha Koi Farm Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor perikanan merupakan sektor yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi. Salah satunya adalah keanekaragaman spesies ikan hiasnya. Ikan Koi (Cyprinus carpio) merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi, karena jenis ikan ini sangat digemari dengan keindahan fisik dan perilakunya oleh masyarakat sehingga harga jual di pasaran relatif stabil. Geisha koi farm merupakan usaha yang menjual ikan koi secara grosir maupun eceran. Konsumen pecinta koi rata-rata banyak yang membeli dan mencari informasi ikan koi melalui instagram dan facebook milik Geisha Koi Farm. pada masa pandemi adanya kenaikan penggunaan media sosial secara drastris. Pengaruh pada media sosial juga terbukti dapat mendorong adanya motivasi konsumen yang mengakibatkan terjadinya keputusan pembelian ikan koi. Gaya hidup yang seperti itu akan menjadi kebiasaan dalam jangka waktu yang lama, karena pada kenyataannya keinginan dan kebutuhan manusia selalu berlimpah dan tidak akan terpuaskan. maka dari itu karena adanya pengaruh tersebut bisa memunculkan keputusan pembelian untuk memenuhi kebutuhannya karena adanya rasa puas didalam diri seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial, gaya hidup dan motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian,media sosial terhadap keputusan pembelian, gaya hidup terhadap keputusan pembelian, media sosial terhadap motivasi konsumen, gaya hidup terhadap motivasi konsumen, motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari – Maret 2023 di geisha koi farm tulungagung dengan menggunakan pendekatan deskriftif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 150 orang yang pernah membeli ikan koi di geisha koi farm dalam waktu satu tahun terakhir dengan kriteria minimal 17 tahun. Adapun analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan WarpPLS SEM Method serta analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunukan bahwa media sosial dapat menentukan tinggi rendahnya tingkat keputusan pembelian ikan koi,sedangkan gaya hidup dan motivasi konsumen dapat meningkatkan keputusan pembelian karena dilihat dari target konsumen seperti apa yang diinginkan dan disesuaikan, maka dari itu semakin tinggi tingkat pola dan gaya hidup masyarakat maka akan berpengaruh dan termotivasi besar akan keputusan pembelian ikan koi di Geisha Koi Farm.

English Abstract

The fisheries sector is a sector that can support economic growth. One of them is the diversity of ornamental fish species. Koi fish (Cyprinus carpio) is a type of freshwater ornamental fish that has high economic value, because this type of fish is very popular with its physical beauty and behavior by the community so that the selling price in the market is relatively stable. Geisha koi farm is a business that sells koi fish wholesale and retail. On average, many koi- loving consumers buy and seek information on koi fish through Geisha Koi Farm's Instagram and Facebook. during the pandemic there was a drastic increase in the use of social media. The influence of social media is also proven to be able to encourage consumer motivation which results in purchasing decisions for koi fish. Such a lifestyle will become a habit for a long time, because in reality human wants and needs are always abundant and will not be satisfied. therefore because of this influence can bring up purchasing decisions to meet their needs because of a sense of satisfaction within a person. This study aims to determine the effect of social media, lifestyle and consumer motivation on purchasing decisions, social media on purchasing decisions, lifestyle on purchasing decisions, social media on consumer motivation, lifestyle on consumer motivation, consumer motivation on purchasing decisions. This research was conducted from February - March 2023 at the Geisha Koi Farm in Tulungagung using a quantitative descriptive approach. The sample used in this study was 150 people who had bought koi fish at a geisha koi farm within the past year with a minimum age of 17 years. The data analysis used is by using the WarpPLS SEM Method and descriptive analysis. The results of this study show that social media can determine the level of purchasing decisions for koi fish, while lifestyle and consumer motivation can increase purchasing decisions because seen from what target consumers want and adjust, therefore the higher the level of pattern and style people's lives will be greatly influenced and motivated by the decision to buy koi fish at Geisha Koi Farm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080743
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:19
Last Modified: 11 Jan 2024 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206121
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Vonny Dwi Mahrup.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item