Pengaruh Izin Edar, Kualitas Produk, Label Halal, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen di PT. Kangen Frozen Indonesia

Rahmad, Virda Faradila and Prof. Dr. Ir. Nuddin Harahab,, MP (2023) Pengaruh Izin Edar, Kualitas Produk, Label Halal, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen di PT. Kangen Frozen Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akses informasi adalah bagian terpenting dalam memenuhi prinsip keterbukaan informasi bagi konsumen yang di dalamnya mengandung makna adanya kepastian hukum sebagaimana tujuan yang digariskan dalam penyelenggaraan perlindungan terhadap konsumen sehingga konsumen pun tidak ragu dalam membeli suatu produk. Dimana informasi produk dapat dipenuhi melalui izin edar dan label halal suatu produk. Sementara terdapat rangsangan-rangsangan yang mempengaruhi konsumen sesuai dengan karakteristik konsumen dan menimbulkan minat beli dalam proses pengambilan keputusan yang pada akhirnya berubah menjadi tanggapan konsumen untuk memutuskan pembelian produk. Rangsangan tersebut antara lain produk, harga, promosi, dan tempat. Penelitian ini menggunakan variable penelitian izin edar, kualitas produk, label halal, harga, promosi, dan minat beli konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganilisis pengaruh izin edar, kualitas produk, label halal, harga, dan promosi secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap minat beli konsumen ikan giling di PT. Kangen Frozen Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksplanatori research. Kriteria sampel yang diambil merupakan konsumen PT. Kangen Frozen Indonesia dan minimal pernah membeli produk ikan giling sebanyak satu kali dengan usia 17-55 tahun. Data yang diambil menggunakan data primer dengan skala liker 1-5 dengan metode pengambilan data survey menyebarkan kuesioner tertutup. Data sekunder yang diperoleh dari dokumen- dokumen dan penelitian sebelumnya. Metode analis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu minat beli konsumen dipengaruhi oleh izin edar, kualitas produk, label halal, harga, dan promosi. Izin edar mempengaruhi minat beli konsumen, kualitas produk mempengaruhi tingkat minat beli konsumen, label halal berpengaruh terhadap minat beli konsumen, pengaruh harga jauh lebih tinggi dalam meningkatkan minat beli konsumen daripada variabel lainnya, dan promosi juga berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan dalam mempertimbangkan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan pengantar bagi lembaga akademik untuk menjadi wadah yang memberikan wawasan dan pengetahuan terkait variabel yang diuji pada penelitian ini secara teoritis. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi bagi instansi pemerintah untuk menyelenggarakan program-program yang dapat membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya.

English Abstract

Access to information is the most important part in fulfilling the principle of information disclosure for consumers which implies the existence of legal certainty as the objectives outlined in the implementation of consumer protection so that consumers do not hesitate in buying a product. Where product information can be fulfilled through a distribution permit and a product's halal label. While there are stimuli that influence consumers according to consumer characteristics and generate buying interest in the decision-making process which ultimately turns into consumer responses to decide to purchase products. These stimuli include product, price, promotion, and place. This study uses marketing authorization research variables, product quality, halal labels, prices, promotions, and consumer buying interest. The purpose of this study is to determine and analyze the effect of distribution permits, product quality, halal labels, prices, and promotions jointly or partially on the buying interest of ground fish consumers at PT. Kangen Frozen Indonesia. This research uses a type of quantitative research with an explanatory research design. The criteria for the sample taken are consumers of PT. Kangen Frozen Indonesia and at least once bought ground fish products aged 17-55 years. The data was taken using primary data with a Liker scale of 1-5 with the survey data collection method distributing closed questionnaires. Secondary data obtained from documents and previous research. Methods of data analysis in this study using multiple linear regression analysis. The results of this study are that consumer buying interest is influenced by distribution permits, product quality, halal labels, prices, and promotions. Distribution permits affect consumer buying interest, product quality affects the level of consumer buying interest, halal labels affect consumer buying interest, the price effect is much higher in increasing consumer buying interest than other variables, and promotions also affect consumer buying interest. The results of this study are expected to be used in considering the right marketing strategy for the company. This research is also expected to be used as an introduction for academic institutions to become a forum that provides insight and knowledge related to the variables tested in this study theoretically. This research is expected to be used as a reference for government agencies to organize programs that can help MSMEs in developing their businesses.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080742
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:19
Last Modified: 11 Jan 2024 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206120
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Virda Faradila Rahmad.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item