Pengaruh Persepsi kemudahan (Percevied ease of use) terhadap Intention to use pada pengguna Mobile Banking Bank Syariah Indonesia di mediasi oleh E-Trust dan Religiusitas

Alfani, Dennis Shabri and Dr. Drs. Agung Yuniarinto,MS., CMA,, MS., CMA, and Radityo Putro Handrito,, Ph.D (2023) Pengaruh Persepsi kemudahan (Percevied ease of use) terhadap Intention to use pada pengguna Mobile Banking Bank Syariah Indonesia di mediasi oleh E-Trust dan Religiusitas. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh perceived ease of use terhadap behavioral intention baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi E-Trust dan moderasi Religiusitas pada pengguna mobile banking BSI. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BSI yang belum pernah menggunakan BSI Mobile namun telah mengetahui aplikasi tersebut dan nasabah yang sudah mengetahui dan menggunakan aplikasi tersebut. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use berpengaruh positif signifikan secara tidak langsung terhadap behavioral intention dimediasi oleh E-Trust dalam menggunakan layanan BSI Mobile. Dan Religiusitas tidak berpengaruh signifikan dalam memoderasi hubungan antara E-Trust terhadap behavioral intention. Selanjutnya Hasil penelitian ini juga menyarankan agar Bank Syariah Indonesia dapat fokus pada peningkatkan kemudahan dan keamanan penggunaan aplikasi mobile banking untuk meningkatkan niat penggunaan.

English Abstract

This study analyzes the effect of perceived ease of use on behavioral intention either directly or indirectly through E-Trust mediation and moderation of Religiosity in BSI mobile banking users. The population in this study is BSI customers who have never used BSI Mobile but already know the application and customers who already know and use the application. This type of research is explanatory research using a quantitative approach. The data collection method was carried out by distributing questionnaires to 100 respondents. Data analysis using Structural Equation Modelling Partial Least Squares (SEM-PLS). The results showed that perceived ease of use had a significant positive effect indirectly on behavioral intention mediated by E-Trust in using BSI Mobile services. And religiosity had no significant effect in moderating the relationship between ETrust and behavioral intention. Furthermore, the results of this study also suggest that Bank Syariah Indonesia can focus on improving the ease of use of and security mobile banking applications to increase usage intentions.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423020096
Uncontrolled Keywords: Perceived Ease of Use, E-Trust, Religiusitas, Mobile Banking
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:38
Last Modified: 04 Jan 2024 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206115
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dennis Shabri Alfani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item