Pengaruh Reputasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Importir Kepada Instansi Direktorat Jendral Bea dan Cukai di Kota Surabaya.

Edricko, Ananda Farrel and Astri Warih Anjarwi, SE., MSA., Ak (2023) Pengaruh Reputasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Importir Kepada Instansi Direktorat Jendral Bea dan Cukai di Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepercayaan dalam konteks hubungan antara masyarakat dan pemerintah, mencerminkan keyakinan yang dimiliki masyarakat terhadap kemampuan serta kejujuran pemerintah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang melekat pada peran mereka. Kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah mengalami pasang surut dan tidak berkembang sebagaimana yang diharapkan, bahkan terjadi fenomena di mana di berbagai negara secara merata kepercayaan publik terhadap pemerintah menurun. Sebagai daerah kegiatan ekonomi, maka sektor kepabeanan dan cukai yang dinaungi oleh Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC) sebagai lembaga pemerintah menjadi penunjang dalam kelancaran arus lalu lintas ekspor dan impor barang di daerah pabean. Fenomena yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah diawali dari adanya kasus pemungutan pajak impor yang berakibat reputasi DJBC menurun karena kurangnya informasi dan pelayanan dalam menanggapi fenomena tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari reputasi dan kualitas pelayanan terhadap kepercayaan importir kepada instansi DJBC di kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori pertukaran sosial dengan pendekatan kuantitatif dilakukan di untuk mencapai tujuan penelitian ini, menggunakan accidental sampling, total responden dalam penelitian ini adalah sejumlah 100 importir di Kota Surabaya dari berbagai kalangan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan masing-masing variabel reputasi dan kualitas pelayanan terhadap variabel kepercayaan. Evaluasi berkala terhadap kebijakan yang diterapkan perlu dilakukan untuk memastikan efektivitas dan efisiensi kebijakan tersebut agar masyarakat merasa kebijakan tersebut adil untuk semua masyarakat yang dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap instansi DJBC.

English Abstract

Trust in the context of the relationship between society and government, reflects the confidence that society has in the ability and honesty of the government in carrying out the duties and responsibilities inherent in their role. Public trust in the government experienced ups and downs and did not develop as expected, there was even a phenomenon where in various countries public trust in the government evenly decreased. As an area of economic activity, the customs and excise sector which is overseen by the Directorate General of Customs and Excise (DJBC) as a government institution supports the smooth flow of export and import traffic of goods in the customs area. The phenomenon that is the background for this research begins with a case of import tax collection which resulted in DJBC's reputation declining due to a lack of information and services in responding to this phenomenon. This research aims to determine the influence of reputation and service quality on importers' trust in DJBC agencies in the city of Surabaya. This research uses social exchange theory with a quantitative approach carried out to achieve the objectives of this research, using accidental sampling, the total respondents in this research are 100 importers in the city of Surabaya from various levels of society. The results of this research show that there is a significant influence of each reputation and service quality variable on the trust variable. Periodic evaluation of the policies implemented needs to be carried out to ensure the effectiveness and efficiency of these policies so that the public feels that the policies are fair to all communities which can increase public trust in DJBC agencies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030444
Uncontrolled Keywords: Reputasi, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Direktorat Jendral Bea dan Cukai,
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:13
Last Modified: 08 Jan 2024 04:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206114
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Ananda Farrel Edricko.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item