Implementasi Layanan Unggulan Electronic Samsat (E-Samsat) Jatim Dalam Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Malang (Studi Pada Kantor Bersama Samsat Kota Malang)

Nofita, Azizah Dwinda and Dr. Bambang Hariadi,, S.E, M.Ec, Ak. (2023) Implementasi Layanan Unggulan Electronic Samsat (E-Samsat) Jatim Dalam Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Malang (Studi Pada Kantor Bersama Samsat Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kantor Bersama SAMSAT Kota Malang dengan tujuan untuk menganalisis layanan e-SAMSAT Jawa Timur pada pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kota Malang. Selain itu, tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran keunggulan dan kelemahan dari sistem layanan e-SAMSAT Jatim sebagai pelayananan yang mempermudah proses administrasi dan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor oleh wajib pajak di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif, yang mana data yang didapatkan merupakan data primer hasil wawancara dengan narasumber dan observasi lapangan. Metode analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan layanan e-SAMSAT Jatim di Kantor Bersama SAMSAT Kota Malang sudah berjalan dengan baik dan memiliki peran untuk membantu mempermudah wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor tahunannya. Layanan e-SAMSAT Jatim juga berkontribusi dalam pemberian layanan publik yang prima dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terkini. Pada proses penerapannya banyak dukungan dan hambatan yang mengiringi, namun baik dari pihak lembaga penyelenggara dan masyarakat terus berupaya untuk bekerja sama agar layanan ini tetap memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat luas.

English Abstract

This study, conducted at the SAMSAT Joint Office of Malang City, aims to analyze the East Java e-SAMSAT for Vehicle Tax (PKB) payment service in Malang City, and provides an overview of the advantages and disadvantages of the service system in its implementation. This study employs qualitative descriptive approach, involving primary data collected from interviews with respondents and field observations, and analyzed through data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study indicate that the East Java e-SAMSAT service at SAMSAT Joint Office of Malang City has been well implemented as it facilitates taxpayers in paying their annual motor vehicle taxes. The East Java e-SAMSAT service also contributes to providing excellent public services by utilizing the latest information and communication technology. Despite supports and obstacles, both the organizing agency and the community continue to cooperate to provide benefits to the larger community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020549
Uncontrolled Keywords: e-SAMSAT, Pajak Kendaraan Bermotor, Modernisasi Perpajakan, Pelayanan Publik, Sistem Pembayaran Elektronik
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:36
Last Modified: 17 Jan 2024 02:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206099
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
AZIZAH DWINDA NOFITA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item