Optimalisasi Website D’bamboo untuk Peningkatan Pemasaran dan Layanan Wisata di Desa Wisata Ekang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau”.

Romulus, Albertus Reynard Christya and Edriana Pangestuti, SE., M.Si., DBA (2023) Optimalisasi Website D’bamboo untuk Peningkatan Pemasaran dan Layanan Wisata di Desa Wisata Ekang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa Ekang Anculai adalah desa yang berada di Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Desa Ekang Anculai dipimpin oleh seorang kepala desa yang dipilih oleh masyarakat dan pelantikannya dilakukan oleh pemerintah daerah. Desa Ekang Anculai mempunyai 3 dusun, 5 rukun warga, serta 12 rukun tetangga. Desa Ekang Anculai memiliki berbagai wisata destinasi yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Untuk menarik wisatawan Desa Wisata Ekang (D’bamboo) memiliki berbagai macam platform sebagai sarana pemasaran dan salah satunya berupa website desawisataekang.id. Akan tetapi dalam penerapan website sebagai sarana pemasaran dan layanan wisata masih ditemukan beberapa kendala. Kendala tersebut yaitu kurang optimalnya kegunaan website sebagai sarana pemasaran dan layanan wisata dimana masih banyak permasalahan dan kendala yang terdapat pada website desawisataekang.id. Oleh karena hal tersebut peneliti bagaimana website dapat dioptimalkan sebagai sarana pemasaran dan layanan wisata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan eksploratif sehingga membuat peneliti dapat melihat permasalahan yang terjadi yang menyebabkan tidak optimalnya penggunaan website sebagai media pemasaran dan layanan wisata. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1. Bagaimana penerapan website D’bamboo Bintan Resort dalam peningkatan pemasaran dan pelayanan wisatawan di Desa Wisata Ekang? 2. Apa saja permasalahan dan kendala penggunaan website yang dihadapi D’bamboo Bintan Resort untuk peningkatan pemasaran layanan wisata di Desa Wisata ekang? 3. Apa saja yang perlu dilakukan pihak D’bamboo Bintan Resort dalam pengoptimalisasian website D’bamboo Bintan Resort untuk peningkatan pemasaran dan layanan wisata di Desa Wisata Ekang? Data primer diperoleh melalui informan, dan data sekunder diperoleh melalui dokumen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahap yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu 1. Masih terdapat kendala yang ada pada website desawisataekang.id yang memerlukan optimalisasi yang paling penting adalah User Interface salah satu contohnya yaitu perbedaan judul logo serta domain website 2. Diperlukan kembali SDM yang memumpuni dalam pengelolaan website 3. Beberapa masukan dan saran mengenai apa saja yang perlu di optimalisasi kembali pada website desawisataekang.id

English Abstract

Desa Ekang Anculai is a village located in the Teluk Sebong Subdistrict, Bintan Regency, Riau Islands Province, Indonesia. The village of Ekang Anculai is led by a village head who is chosen by the community, and their inauguration is carried out by the local government. Ekang Anculai Village consists of 3 hamlets, 5 citizen groups, and 12 neighborhood associations. The village also boasts various tourist destinations that can be visited by tourists. To attract tourists, Ekang Tourism Village (D’bamboo) has various platforms for marketing, one of which is the website desawisataekang.id. However, in the implementation of the website as a marketing and tourism service tool, there are still several challenges. These challenges include the suboptimal use of the website as a marketing and tourism service tool, as there are many issues and obstacles on the desawisataekang.id website. Therefore, the researcher aims to explore how the website can be optimized as a means of marketing and tourism service. This research uses a descriptive qualitative method with an exploratory approach so that researchers can see the problems that occur which cause not optimal use of the website as a marketing medium and tourist services. How is the application of the D'bamboo Bintan Resort website in improving marketing and tourist services in Ekang Tourism Village? 2. What are the problems and obstacles in using the website faced by D'bamboo Bintan Resort to increase marketing of tourist services in Ekang Tourism Village? 3. What needs to be done by D'bamboo Bintan Resort in optimizing the D'bamboo Bintan Resort website to improve marketing and tourist services at Ekang Tourism Village? Primary data is obtained through informants, and secondary data is obtained through documents. Data collection techniques used interviews, observation, and documentation. Data analysis uses four stages, namely, data collection, data condensation, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study are 1. There are still obstacles that exist on the desawisataekang.id website that require optimization, the most important of which is the User Interface, one example is the difference in logo titles and website domains 2. Required again qualified human resources in website management 3. Some input and suggestions

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030434
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Website, Website Wisata, Desa Wisata, Pemasaran dan layanan wisata, User Interface, User experience
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Jan 2024 08:52
Last Modified: 04 Jan 2024 08:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/206081
[thumbnail of DALAM MASA MEMBARGO] Text (DALAM MASA MEMBARGO)
Albertus Reynard C R.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item